Studi Komparasi Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Bersertifikasi Dengan Yang Belum Sertifikasi Serta Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di MTsN Pasaman Barat Kabupaten Pasaman Barat

Gozali, Ahd. Gozali (2018) Studi Komparasi Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Bersertifikasi Dengan Yang Belum Sertifikasi Serta Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di MTsN Pasaman Barat Kabupaten Pasaman Barat. Masters thesis, Pasca Sarjana UIN Imam Bonjol.

[img]
Preview
Text
00. Cover dan Abstrak.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
00. DTIM penguji.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
00. Kata Pengantar.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. BAB I TESISKU.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text
04. BAB III TESISKU.pdf

Download (646kB)
[img] Text
03. BAB II TESISKU.pdf

Download (817kB)
[img]
Preview
Text
05. BAB IV TESISKU.pdf

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB V TESISKU.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama: Ahd. Gozali, NIM, 088162629, “Studi Komparasi Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Bersertifikasi Dengan Yang Belum Sertifikasi Serta Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di MTsN Pasaman Barat Kabupaten Pasaman Barat”, Tesis 2018, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Pembimbing I, Dr. Ahmad Sabri, M.Pd., Pembimbing II, Dr. Nursyamsi, M.Pd. Penelitian ini di latar belakangi oleh (1) Kurangnya kemampuan guru dalam memprogram dan melaksanakan pembelajaran dengan baik. (2) Guru belum maksimal dalam empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik, (3) Guru yang sudah sertifikasi masih kurang profesional dalam mengelola pembelajaran. (4) Kompetensi guru PAI yang sudah sertifikasi dengan yang belum sertifikasi belum nampak jelas perbedaannya. (5) Adanya kesenjangan dalam penentuan guru sertifikasi. (6) Sering dijumpai bahwa seorang guru lebih mementingkan tugas pribadinya dari pada harus melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai seorang pendidik. Maka dalam penelitian ini akan dibahas Seberapa perbedaan kompetensi guru PAI yang sudah sertifikasi dengan kompetensi guru yang belum sertifikasi, serta bagaimanakah pengaruh masing-masing terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa kompetensi guru PAI yang sudah sertifikasi dan yang belum sertifikasi, dan menghitung seberapa besar perbedaan kompetensi baik secara terpisah maupun secara keseluruhan antara guru PAI yang sudah sertifikasi dengan guru PAI yang belum sertifikasi, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi guru PAI yang sudah sertifikasi dan yang belum sertifikasi terhadap peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, ditujukan kepada 44 orang guru yang sudah sertifikasi, 13 orang guru belum sertifikasi, 99 orang peserta didik yang dididik oleh guru yang sudah sertifikasi, dan 93 orang peserta didik yang dididik oleh guru yang belum sertifikasi. Data dikumpulkan menggunakan angket sebanyak 70 item soal yang keseluruhannya sudah lolos uji validitas dan reliabilitas. Hasil temuan dianalisis dengan menggunakan berbagai metode, yaitu: (1) komparasi, (2) korelasi, dan (3) regresi. Analis menunjukkan bahwa pada uji komparasi, ditemukan perbedaan yaitu t Hitung sebesar 3,830 > 2,396 pada taraf kepercayaan 99% dan 3,830 > 1,673 pada taraf kepercayaan 95% pada ke-empat kompetensi guru, dan guru yang sudah sertifikasi lebih baik dengan perbedaan sebesar 11,63%. Kemudian, kompetensi guru sertifikasi (X1) berpengaruh sebesar 9,9% terhadap hasil belajar peserta didik (Y1), dan bahwa kompetensi guru yang belum sertifikasi (X2) berpengaruh sebesar 58,7% terhadap hasil belajar peserta didik (Y2). Kata kunci: Kompetensi Guru PAI, Sertifikasi, Non sertifikasi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: U Umum (General)
U Umum (General) > Referensi Umum dan Terbitan Berseri
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:03
Last Modified: 30 Jul 2018 04:03
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/757

Actions (login required)

View Item View Item