Pengaruh Motivasi dan Self Efficacy terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang

RULLY HIDAYATULLAH, - (2018) Pengaruh Motivasi dan Self Efficacy terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (FILE GABUNGAN)
0. Rully Hidayatullah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh motivasi dan self efficacy terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan PAI fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan PAI fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang, (2) mengetahui pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan PAI fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang, dan (3) mengetahui pengaruh motivasi dan self efficacy secara bersamasama (simultan) terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan PAI fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan assosiatif dan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV jurusan PAI sebanyak 218 mahasiswa. Berhubung populasi bersifat homogen, maka teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sehingga sampel yang diperoleh berjumlah 141 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan PAI fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai koefisien regresi (b 1 ) atau slope sebesar 0,009, dan nilai F hitung (35,790) lebih besar dari F tabel (3,91), serta nilai signifikansi (0,000) lebih kecil dari nilai α= 0,05, (2) self efficacy memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan PAI fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai koefisien regresi (b 2 ) atau slope sebesar 0,007, dan nilai F hitung (38,020) lebih besar dari F tabel (3,91), serta nilai signifikansi (0,000) lebih kecil dari nilai α= 0,05, (3) motivasi dan self efficacy secara bersama-sama (simultan) memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan PAI fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai koefisien regresi (b 1 ) atau slope sebesar 0,005 dan nilai koefisien regresi (b 2 ) atau slope sebesar 0,005, serta nilai F hitung (21,534) lebih besar dari F tabel (3,06), serta nilai signifikansi (0,000) lebih kecil dari nilai α= 0

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2019 02:30
Last Modified: 13 Nov 2019 02:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6779

Actions (login required)

View Item View Item