PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 VII KOTO SUNGAI SARIK KABUPATEN PADANG PARIAMAN

LUCIANA PUTRI MASNI, - (2018) PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 VII KOTO SUNGAI SARIK KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img]
Preview
Text (COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (904kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas belajar siswa yang berdampak pada rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMPN 1 VII Koto Sungai Sarik tahun pelajaran 2017/2018 yang sebagian besar belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 78. Salah satu penyebabnya adalah proses pembelajaran yang cenderung satu arah sehingga siswa kurang terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Untuk itu, salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengaktifkan siswa dalam belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan strategi everyone is a teaher here. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMPN 1 VII Koto Sungai Sarik tahun ajaran 2017/2018 melalui strategi everyone is a teaher here. 2) mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMPN 1 VII Koto Sungai Sarik Tahun Ajaran 2017/2018 melalui strategi everyone is a teaher here. Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu (Quasy Experiment) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 VII Koto Sungai Sarik Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk mendapatkan kelas sampel maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata untuk semua kelas populasi. Setelah semua kelas diketahui normal, homogen dan memiliki kesamaan rata-rata maka dilakukan pemilihan kelas sampel secara acak. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII 2 dan kelas kontrol adalah kelas VII 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) aktivitas belajar siswa meningkat dari pertemuan pertama hingga pertemuan kelima yaitu 27%, 35%, 58%, 77% dan 84% serta 2) hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMPN 1 VII Koto Sungai Sarik Tahun Ajaran 2017/2018 yang diajar dengan strategi everyone is a teaher here lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang tidak diajar dengan strategi everyone is a teaher here. Terlihat dari perolehan rata-rata nilai tes kelas eksperimen 75,18 dan rata-rata nilai tes kelas kontrol 68,24. Persentase ketuntasan belajar siswa kelas eksperimen adalah 58%, sedangkan pada kelas kontrol 38%. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh t (1,881 > 1,645) dengan αi=i0,05 pada selang kepercayaan 95 %, maka keputusannya adalah H 0 ditolak dan H 1 vii hitung diterima artinya hipotesis yang diajukan diterima

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2019 02:25
Last Modified: 13 Nov 2019 02:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6777

Actions (login required)

View Item View Item