Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru PAI Di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pariaman Dan Kabupaten Padang Pariaman

HIDAYANI, - (2018) Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru PAI Di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pariaman Dan Kabupaten Padang Pariaman. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (596kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (704kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (696kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (500kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman secara umum sudah bisa dikatakan baik, namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Hal ini tak terlepas dari supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala Madrasah . Langkah-langkah strategis yang dapat dilakukan agar kinerja guru meningkat yaitu dengan mengoptimalkan pelaksanaan supervisi akademik kepala Madrasah dan menciptakan motivasi kerja yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh supervisi akademik kepala madrasah terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman (2) Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman (3) Pengaruh supervisi akademik kepala Madrasah dan motivasi kerja secara bersama-sama (simultan) terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif dan metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 28 orang yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan melakukan uji persyaratan analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Supervisi akademik kepala Madrasah berpengaruh postif dan signifikan terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman sebesar 0,734 dengan nilai t =4,906. (2) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman sebesar 0, 462 dengan nilai t hitung v hitung =4,922. (3) Supervisi akademik kepala Madrasah dan motivasi kerja secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman sebesar 0, 706 dengan nilai F = 16,524.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2019 02:24
Last Modified: 13 Nov 2019 02:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6775

Actions (login required)

View Item View Item