Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih dan Imam Al-Ghazali dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter di Indonesia

AHMAD BUSROLI, - (2018) Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih dan Imam Al-Ghazali dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter di Indonesia. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (540kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (573kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rusaknya karakter dikarenakan pendangkalan keimanan yang mengakibatkan semakin dalamnya jurang pemisah antara ideal dan realita, moral dan tindakan, dan antara landasan teori dan aktivitas praktis. Pola hidup matrealistis, sikap individualitas, konsumtif, dan kesenjangan sosial. Gaya hidup yang memperlihatkan lemahnya simpati dalam diri dan meningkatnya tindak kejahatan dan kriminalitas. Perubahan perilaku yang terjadi tidak lepas dari perkembangan teknologi dan globalisasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah yaitu Bagaimana Pendidikan Akhlak Menurut Ibnu Miskawaih dan Imam Al-Ghazali serta Relevansinya dengan Pendidikan Karakter di Indonesia. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pemikiran Ibnu Miskawaih tentang pendidikan akhlak, pemikiran Imam al-Ghazali tentang pendidikan akhlak, relevansi pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dan Imam AlGhazali dengan pendidikan karakter di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemikiran pendidikan akhlak menurut Ibnu Miskawaih dan Imam al-Ghazali, untuk mengetahui relevansi pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dan Imam al-Ghazali dengan pendidikan karakter Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yang menggunakan metode deskriptif analisis. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku-buku yang berkaitan dengan pemikiran Ibnu Miskawaih dan Imam alGhazali tentang pendidikan akhlak, dan pendidikan karakter. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pencatatan peristiwa-peristiwa atau keterangan-keterangan atau karakteristik-karakteristik sebagian atau seluruh elemen yang akan mendukung penelitian. Data yang terkumpul penulis analisis melalui analisis kualitatif. Penelitian ini berhasil menemukan (1) Pemikiran pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih yaitu hakikat manusia terletak pada fakultas pikir (melalui otak), dan konsep akhlaknya yaitu doktrin jalan tengah sebagai dasar keutamaan akhlak, dimana yang menjadi ukuran akal dan syariat. Tujuan pendidikan akhlaknya bersifat sosial. Kurikulum pendidikan akhlak adalah pendidikan yang wajib bagi kebutuhan jiwa, kebutuhan tubuh, dan hubungan manusia dengan sesamanya. Metode pendidikan akhlaknya yaitu alami, pembiasaan, riyaḍah dan mujahadah. Kewajiban mendidik anak pertama kali adalah orang tuanya. Lingkungan pendidikan akhlak adalah keluarga, sekolah dan masyarakat. (2) Pemikiran pendidikan akhlak Imam Al-Ghazali yaitu hakikat manusia terletak pada kekuatan pengetahuan (melalui hati), dan konsep akhlaknya yaitu doktrin jalan tengah sebagai dasar keutamaan akhlak, dimana yang menjadi ukuran akal dan syariat. Tujuan pendidikan akhlaknya bersifat individu. Materi pendidikan akhlaknya semua akhlak terpuji menurut syariat. Metode pendidikan akhlak yang digunakan mujahadah, riyadhah, menyibukkan diri dengan penyucian jiwa, dan peningkatan akhlak (tahzibu al-akhlaq). Orang tua adalah pendidik pertama kali bagi seorang anak. Kemudian, lingkungan dan unsur makanan maupun minuman akan mempengaruhi pembentukan akhlak. Secara keseluruhan pemikiran pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dan Al-Ghazali memiliki banyak kesamaan. (3) Pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dan Al-Ghazali relevan dengan pendidikan karakter di Indonesia

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2019 02:22
Last Modified: 13 Nov 2019 02:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6772

Actions (login required)

View Item View Item