Keputusan Jamaah Umrah Dalam Memilih Jasa Travel Umrah PT Bumi Minang Pertiwi Kota Padang

AHMAD TONDI RITONGA, - (2018) Keputusan Jamaah Umrah Dalam Memilih Jasa Travel Umrah PT Bumi Minang Pertiwi Kota Padang. Masters thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (CEVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (447kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (559kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tingginya minat masyarakat untuk melaksanakan umrah memicu munculnya beberapa travel umrah di kota Padang. Jumlah travel umrah yang semakin meningkat memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memilih travel umrah yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Setiap travel umrah memiliki kelebihannya masing – masing dan memiliki strategi pemasaran yang berbedabeda sehingga jamaah yang akan mendaftar dapat memilih sesuai dengan keinginan mereka. Sehingga pengambilan keputusan bagi jamaah yang akan mendaftar umrah dapat dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yaitu faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi. Salah satu travel besar di kota Padang adalah travel PT. Bumi Minang Pertiwi di kota Padang yaitu dengan dibuktikannya besarnya jumlah jamaah dalam memutuskan untuk memilih travel tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajamen pemasaran yang dilakukan dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan jamaah dalam memilih travel umrah PT. Bumi Minang Pertiwi Padang. Sampel penelitian ini adalah jamaah yang telah mendaftar umrah di PT. Bumi Minang Pertiwi Padang kota Padang. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin yaitu dengan menggunakan pendekatan field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah adalah metode deskriptif. Indikator faktor-faktor keputusan jamaah yang digunakan di ukur dengan skala likert. Berdasarkan hasil wawancara dengan manajer PT Bumi Minang Pertiwi Kota Padang menjelaskan bahwa manajemen pemasaran yang meliputi perencanaan yaitu dengan menciptakan program-program baik jangka panjang dan jangka pendek. Dengan mempertimbangkan kondisi dan waktu serta selalu memodifikasi produk sehingga konsumen tertarik menggunakan jasa mereka. Sedangkan pengarahan yang dilakukan oleh manajer yaitu dengan memberikan arahan dan kritikan serta motivasi kepada karyawan agar selalu semangat dan ikhlas dalam bekerja. Dalam hal pengorganisasian manajer mengelompokkan karyawan sesuai keahliannya. Sehingga memudahkan dalam mengatur dan mengawasi kinerja karyawan. Dalam hal pengendalian manajer akan mengukur dan mengevaluasi kinerja karyawan sehingga setiap waktu akan ada perbaikan kinerja dan akan mencapai visi dan misi PT Bumi Minang Pertiwi. Hasil penelitian dari hasil analisis keputusan jamaah umrah menunjukkan bahwa faktor yang paling besar melatarbelakangi keputusan jamaah dalam memilih travel PT. Bumi Minang Pertiwi kota Padang adalah faktor psikologi, karena faktor psikologi terdapat 4 item pertanyaan dengan rata-rata dari 4 item tersebut adalah 4,53. Item nilai tersebut terdapat pada item pernyataan 12, 13, 14, dan 15. Pada item 12 yaitu tentang motivasi dengan nilai rata-rata 4,67., pada item 13 tentang persepsi dengan nilai rata-rata 4,38., pada item belajar dengan rata-rata 4,22., serta pada item kepercayaan dan sikap dengan rata-rata 4,85.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Users 40 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2019 01:14
Last Modified: 13 Nov 2019 01:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6750

Actions (login required)

View Item View Item