Analisis terhadap Keputusan Konsumen Memilih Jasa Transportasi Gojek di Kota Padang

YULIANA, - (2018) Analisis terhadap Keputusan Konsumen Memilih Jasa Transportasi Gojek di Kota Padang. Masters thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (CEVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (727kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (354kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi, karena Fenomena yang terjadi sekarang ini bahwa masyarakat cenderung mengunakan jasa transportasi Go-Jek untuk kepentingan keseharian mulai dari mengantar ke pasar, kampus, dan memesan makanan. Mengunakan aplikasi jasa transportasi Go-Jek yaitu Go-Ride dan GoCar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengapa keputusan konsumen memilih jasa transportasi Go-Jek? Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan keputusan konsumen memilih jasa transportasi Go-Jek. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif, yang bertumpu pada pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek atau sumber data primer adalah 50 orang yang dipilih dengan teknik Snowball Sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data yang awalnya jumlahnya sedikit lama-lama menjadi besar. Analisis penelitian menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Setelah tahapan lapangan selesai, maka kesimpulan yang diperoleh kemudian dianalisis dalam konteks ekonomi syariah terhadap keputusan konsumen memilih jasa transportasi GoJek. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kehadiran jasa transportasi Go-Jek yaitu pada aplikasi Go-Ride dan Go-Car memberikan kepuasan (mashlahah) terdiri dari manfaat dan berkah dalam memenuhi kebutuhan manusia yang bertujuan memudahkan kehidupan dan menghilangkan kesempitan (hajjiyah) dan menghendaki kehidupan yang indah dan nyaman (tahsiniyah) di kota Padang. Dalam perspektif Islam, kebutuhan ditentukan oleh mashlahah. Konsep kebutuhan dalam Islam tidak dapat dipisahkan dari perilaku konsumen dalam kerangka Maqasid Syariah. Di mana tujuan Syariah harus dapat menentukan tujuan perilaku kosumen dalam Islam. Pada sistem jasa transportasi Go-Jek memberikan kemudahan, tarif biaya yang terjangkau, waktu yang cepat dan tepat, kenyamanan fasilitas, serta keaman informasi pribadi pengguna. Kata Kunci: Keputusan Konsumen, Transportasi dan Go-Jek.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Users 41 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2019 01:05
Last Modified: 13 Nov 2019 01:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6748

Actions (login required)

View Item View Item