R I N I, - (2018) Dampak Kecanduan Game Online (Game Online Addiction) Studi Kasus Terhadap Mahasiswa/i Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.
Text (COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER-PERSETUJUAN PEMBIMBING-ABSTRAK.pdf - Published Version Download (421kB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (440kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (706kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (235kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (200kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (271kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version Download (8MB) |
Abstract
Latar belakang skripsi ini adalah maraknya game online addiction pada beberapa mahasiswa/i Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama usia 20 tahun ke atas. Akibatnya mahasiswa/i tidak melakukan tugas dan kewajibannya sebagaimana mestinya karena perhatian yang dialihkan oleh game online. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dampak dan faktor penyebab kecanduan game online terhadap mahasiswa/i. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach) bersifat kualitatif, menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Kriteria subjek dalam penelitian ini (1) laki-laki atau perempuan yang kecanduan game online, (2) mahasiswa aktif Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang, (3) dewasa awal, (4) usia 20 tahun lebih. Informan dalam penelitian ini adalah orang terdekat subjek yang mengetahui keadaan subjek. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Analisa data dilakukan sebelum penelitian, pada saat penelitian bahkan diakhir penelitian, idealnya dilakukan penulis ketika masih berupa konsep atau draft. Hasil penelitian menujukkan bahwa dampak kecanduan game online pada mahasiswa/i Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama yaitu game online menimbulkan perilaku agresif, menyebabkan mahasiswa/i menjadi isolasi sosial, keterampilan sosial berkurang, prestasi akademik menurun, mengalami kebingungan/kesulitan dalam membedakan kehidupan nyata dengan fantasi, kehilangan identitas diri, menimbulkan perilaku impulsif, memiliki masalah pemusatan perhatian, finansial, menambah teman, meningkatkan kemampuan berbahasa asing, dan mempercepat pola pikir. Sedangkan faktor yang menyebabkan addict karena seringkali disuguhkan konten-konten yang menimbulkan rasa senang (pleasure effect), adanya tantangan tiap level yang mejadi daya tarik dan karena merasa pusing atau stres dengan tugas kuliah. Kata kunci: Addiction game online-Mahasiswa/i
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | U Umum (General) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam |
Depositing User: | Users 36 not found. |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 06:46 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 06:46 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6607 |
Actions (login required)
View Item |