Gambaran Kreativitas pada Anak Usia Dini yang Bermain Simbolik di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota

SAFITRI RAHMADANI, - (2018) Gambaran Kreativitas pada Anak Usia Dini yang Bermain Simbolik di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (965kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (340kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (435kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya TK yang menggunakan permainan simbolik dalam proses pembelajaran siswanya yaitu di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota. Dengan adanya permainan simbolik tentu mestinya membuat anak berinisiatif, berpikir kreatif dalam bermain simbolik, namun hal tersebut berbeda dengan TK lain yang tidak menggunakan permainan simbolik. Tujuan dari skripsi ini adalah, pertama untuk melihat bagaimana gambaran kreativitas pada anak usia dini yang bermain simbolik dari bentuk berpikir kreatif. Kedua bagaimana gambaran kreativitas pada anak usia dini yang bermain simbolik dari bentuk sikap. Ketiga bagaimana gambaran kreativitas pada anak usia dini yang bermain simbolik dari bentuk karya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik penentuan sumber data adalah dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan menggunakan pertimbangan tertentu dan berdasarkan pada ciri-ciri yang dimiliki oleh subjek yang dipilih karena ciri-ciri tersebut sesuai dengan tujuan penelitian yang akan dilakukan. Subjek penelitian ini berjumlah 6 orang yaitu 2 subjek primer dan 4 subjek sekunder (significan other). Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaksi menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menemukan bahwa kreativitas anak usia dini yang bermain simbolik di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota ditandai dengan memiliki berpikir kreatif yang lebih kepada cara berpikir luwes, orisinal dan berpikir menghubungkan. Dari bentuk sikap ditandai dengan ketersediaan untuk menjawab pertanyaan, percaya diri, dan memiliki rasa ingin tahu. Sedangkan dari bentuk karya ditandai dengan kemampuan dalam menggunakan permainan. Kata Kunci: Kreativitas, Anak Usia Dini, Bermain Simbolik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Users 36 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2019 06:46
Last Modified: 31 Oct 2019 06:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6606

Actions (login required)

View Item View Item