Hubungan Antara Persepsi Terhadap Resepsi Pernikahan Urgensi Kemewahan Dengan Perilaku Konsumtif Masyarakat Di Jorong Taratak Pauh Kec. Lembah Gumanti Kab. Solok

MELIA FATRIA, - (2018) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Resepsi Pernikahan Urgensi Kemewahan Dengan Perilaku Konsumtif Masyarakat Di Jorong Taratak Pauh Kec. Lembah Gumanti Kab. Solok. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (393kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (388kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persepsi resepsi pernikahan Jorong Taratak Pauh merupakan suatu pandangan masyarakat terhadap resepsi pernikahan yang mengharuskannya untuk melaksanakan resepsi pernikahan. Walaupun tidak mempunyai uang mereka juga akan melaksanakannya dengan semeriah mungkin dan penuh dengan pemborosan sehingga memerlukan biaya yang sangat besar dalam melaksanakan resepsi pernikahan msyarakat tersebut memunculkan perilaku konsumtif. Oleh sebab itu tujuan yang akan dicapai adalah 1) Untuk mengetahui tingkat persepsi terhadap resepsi pernikahan masyarakat. (2) Untuk memahami tingkat perilaku konsumtif masyarakat (3) Untuk mengetahui adanya hubungan antara persepsi terhadap resepsi pernikahan dengan perilaku konsumtif masyarakat. Selain itu, juga untuk menjawab pertanyaan bagaimanakah hubungan antara persepsi terhadap resepsi pernikahan dengan perilaku konsumtif masyarakat. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknik analisis data yaitu analisis Korelasi Product Moment Spearman, yang diolah dengan program SPSS Versi 20.0 for windows. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Jorong Taratak Pauh Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Sampel penelitian berjumlah 90 orang. Dalam penarikan sampel, peneliti menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan dua buah skala sebagai alat ukur yaitu pertama, skala persepsi resepsi pernikahan, dengan validitas 30 aitem dari 50 aitem, serta memiliki reliabilitas 0,955, kedua, yakni skala perilaku konsumtif dengan validitas 25 aitem dari 50 aitem dengan memiliki reliabilitas 0,971. Berdasarkan analisis data, maka didapat: (1) bahwa dari 90 orang subjek, 51 orang atau 56,7% masyarakat yang memiliki persepsi resepsi pernikahan yang positif, dan sebanyak 39 orang atau 43,3% masyarakat memiliki persepsi resepsi pernikahan yang negatif. (2) dari 90 orang subjek yang diteliti, sebanyak 79 orang atau 87,7% memiliki perilaku konsumtif yang tinggi dan 11 orang atau 12,2% memiliki perilaku konsumtif yang dikategorikan rendah. (3) berdasarkan teknik Korelasi Person, dari hasil analisis korelasi di dapat nilai sebesar 0,012, yang berarti hipotesis diterima dan terdapat hubungan positif persepsi terhadap resepsi pernikahan urgensi kemewahan dengan perilaku konsumtif masyarakat di Jorong Taratak Pauh Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Users 36 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2019 06:43
Last Modified: 31 Oct 2019 06:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6601

Actions (login required)

View Item View Item