PENGARUH EMOTIONAL INTELLIGENCE SISWA DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 8 PADANG

Rizal, Imra (2018) PENGARUH EMOTIONAL INTELLIGENCE SISWA DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 8 PADANG. Masters thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER, PERSETUJUAN, ABTRAK.pdf - Published Version

Download (597kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (624kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (577kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (FULL Tesis)
Full Tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Imra Rizal, NIM. 088162509, Pengaruh Emotional Intellegence (EI) Siswa dan Keterampilan Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMAN 8 Padang, Tesis: Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, 2018. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh emotional intelligence siswa dan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMAN 8 Padang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh emotional intelligence siswa terhadap hasil belajar siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMAN 8 Padang, (2) mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMAN 8 Padang, dan (3) mengetahui pengaruh emotional intelligence siswa dan keterampilan mengajar guru secara bersama-sama (simultan) terhadap hasil belajar siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMAN 8 Padang Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 8 Padang yang berjumlah 572 orang. Berhubung populasi bersifat homogen, maka teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratifed random sampling, sehingga sampel yang diperoleh berjumlah 85 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) emotional Intellegence siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa SMAN 8 Padang. Hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai koefisien regresi (b1) atau slope sebesar 0,099, dan nilai Fhitung (23,829) lebih besar dari Ftabel (2,747), serta nilai signifikansi (0,000) lebih kecil dari nilai α= 0,1. (2) keterampilan mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa SMAN 8 Padang. Hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai koefisien regresi (b2) atau slope sebesar 0,088, dan nilai Fhitung (27,264) lebih besar dari Ftabel (2,747), serta nilai signifikansi (0,000) lebih kecil dari nilai α= 0,1. (3) emotional intelligence siswa dan keterampilan mengajar guru secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa SMAN 8 Padang. Hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai koefisien regresi (b1) atau slope sebesar 0,071 dan nilai koefisien regresi (b2) atau slope sebesar 0,067, dan nilai Fhitung (21,813) lebih besar dari Ftabel (2,347), serta nilai signifikansi (0,000) lebih kecil dari nilai α= 0,1.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2019 07:41
Last Modified: 22 Oct 2019 07:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6501

Actions (login required)

View Item View Item