Analisis Faktor-faktor Yang Mendorong Untuk Berwirausaha (Studi Kasus Alumni Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang)

AULIA ADI NINGSIH, - (2018) Analisis Faktor-faktor Yang Mendorong Untuk Berwirausaha (Studi Kasus Alumni Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN PENGESAHAN)
COVER DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (766kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (66kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kondisi aktual wirausaha Alumni Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Imam Bonjol Padang, mengidentifikasi faktor yang mendorong seseorang untuk berwirausaha Alumni dan merumuskan metode pendekatan untuk mengetahui faktor pendorong wirausaha Alumni. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data primer diperoleh dari wawancara 15 informan terpilih dengan menggunankan snowball sampling sedangkan data sekunder dari sub bagian kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian menyimpulkanmotivasi untuk berwirausaha alumni Ekonomi Islam memiliki beberapa faktor yaitu sebanyak 4 orang berdasarkan dukungan dari keluarga, sebanyak 4 orang menyatakan bahwa yang menjadi fakror pendorong untuk berwirausaha adalah dari kemauan sendiri atau sikap yang berani mengambil resiko, sebanyak 1 orang berdasarkan pendidikan yang didapat waktu kuliah dan menerapkannya dilapangan, sebanyak 1 orang karna melihat peluang dan tempat yang cukup strategis untuk membuka usaha, dan sebanyak 2 orang karna keterpaksaan dan tidak mempunyai pilihan karna belum mendapatkan pekerjaan, sebanyak 4 orang unuk menambah penghasilan / usaha sampingan. Secara umum minat berwirausaha relatif rendah dibuktikan dengan kurangnya individu dan kelompok Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Imam Bonjol Padang yang menjadi pelaku wirausaha, rendahnya keterlibatan Alumni dalam pelatihan dan pembekalan wirausaha didalam maupun luar lingkungan kampus serta adanya faktor pendorong keberhasilan dan kegagalan kewirausahaan. Kedua, kecenderungan rendahnya minat wirausaha sangat dipengaruhi oleh rendahnya dukungan orang tua dan keluarga yang sebagiannya pegawai dan karyawan swasta, persepsi masyarakat dan pembelajaran kewirausahaan serta dukungan akademik. Ketiga, solusi yang ditawarkan adalah memperbanyak frekuensi praktek kewirausahaan, melaksanakan pembelajaran kewirausahaan, menyediakan dan melengkapi fasilitas kewirausahaan di kampus, mengadakan program inkubator bisnis dan lomba penulisan business plan, peningkatan alokasi anggaran wirausaha mahasiswa serta membangun jaringan wirausaha terpadu dengan stakeholder lokal. Kata Kunci: Faktor Pendorong, Berwirausaha

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Users 24 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2019 06:44
Last Modified: 26 Sep 2019 06:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6258

Actions (login required)

View Item View Item