Persepsi Tentang Jilbab dan Dampaknya Terhadap Pengeluaran Fashion Mahasiswi Di Kota Padang

IKBAL NURFAJRI, - (2018) Persepsi Tentang Jilbab dan Dampaknya Terhadap Pengeluaran Fashion Mahasiswi Di Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAM ABSTRAK)
COVER, Persetujuan, Abstrak.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (490kB)
[img] Text (BAB II)
B AB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img] Text (BA III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (929kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswi terhadap jilbab dan dampak pemakaian jilbab syar’I, jilbab modis dn tidak berjilbab terhadap pengeluaran Fashion mahasiswi di kota Padang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode pendekatan kuantitatif dan kualitatif (Mix). Populasi pada penelitian ini yaitu Mahasiswi di Kota Padang. Dengan menggunakan metode sampling yaitu Snowball Cluster Sampling pada 5 kampus besar (UIN IB, UNAND, UNP, UBH dan UPI) di Kota Padang. Alat yang digunakan untuk Analisis adalah metode AHP dengan Expert Choice dan Regresi Linear Berganda dengan SPSS. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa: (1) persepsi atau hal yang mempengaruhi keputusan seorang mahasiswi berjilbab atau tidaknya yaitu 50,7% dipengaruhi oleh tuntutan agama, 32,4% dipengaruhi oleh Kecantikan dan 16,9% dipengaruhi oleh Tuntutan Kampus. Jadi, dapat disimpulkan hal yang paling mempengaruhi keputusan mahasiswi untuk berjilbab atau tidaknya adalah karena Tuntutan Agama. Artiya, semakin tinggi keimanan seseorang perempuan maka semakin besar pula keinginan mereka untuk berjilbab atau menutup aurat sesuai dengan syari’at. (2) Persepsi tentang Jilbab berpengaruh Negatif dan signifikan terhadap pengeluaran Fashion Mahasiswi di Kota Padang. Artinya Semakin Tinggi nilai persepsi tentang jilbab dilihat dari tuntutan agama maka semakin rendah Pengeluaran Fashion. Begitupun sebaliknya. Hal ini dibuktikan dengan koefisien regresinya sebesar -1,977 dengan nilai signifikan 0,002 < alpha 10% (0,1). Jadi, Artinya Semakin tinggi keimanan seorang mahasiswi maka semakin rendah pengeluaran Fashion Mahasiswi tersebut, begitupun sebaliknya. (3) Terdapat Perbedaan yang signifikan antara Pengeluaran Fashion Mahasiswi Tidak Berjilbab, berjilbab Modis dan Berjilbab Syar’i. hal ini dibuktikan dengan nilai yang di dapat Tidak berjilbab sebesar 125.78911, Jilbab Modis sebesar 124.37811 dan Jilbab Syar’I sebesar 123.43611. Maka dapat disimpulkan bahwa Adanya Penekanan Pengeluaran Fashion Jika Seorang Mahasiswi Berjilbab apalagi jika memakai jilbab sesuai syar’i. Kata Kunci : Persepsi, Jilbab dan Pengeluaran Fashion

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Users 24 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2019 06:24
Last Modified: 26 Sep 2019 06:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6217

Actions (login required)

View Item View Item