Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Guide Inquiry pada Materi Cahaya dan Alat Indera Kelas VIII MTsN 2 Solok Selatan

ULFI RAHMI, - (2018) Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Guide Inquiry pada Materi Cahaya dan Alat Indera Kelas VIII MTsN 2 Solok Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
Cover, Persetujuan Pembimbing, dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (524kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (763kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FILE FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Ulfi Rahmi, Nim 1314080859, Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Guide Inquiry pada Materi Cahaya dan Alat Indera Kelas VIII MTsN 2 Solok Selatan, Skripsi : Tadris IPA-FISIKA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2018. 189 halaman. Modul merupakan bahan ajar yang bertujuan untuk melatih peserta didik agar belajar secara mandiri. Dalam hal ini penggunaan modul diharapkan dapat menarik minat peserta didik dalam belajar sehingga kemandirian belajar peserta didik dapat terwujud. Modul yang dikembangkan selama ini masih memiliki beberapa kelemahan seperti, modul masih disajikan secara parsial atau belum terpadu, serta ilustrasi pada modul kurang kontekstual. Untuk itu, perlu dikembangkan modul yang dapat menarik minat baca peserta didik dan sesuai dengan kegiatan pembelajaran, sehingga memudahkan peserta didik dalam melakukan penelitian dalam membuktikan sebuah konsep. Untuk membuktikan sebuah konsep dalam pembelajaran, maka guide inquiry adalah metode yang tepat. Oleh karena itu, dikembangkan modul IPA terpadu berbasis guide inquiry. Materi yang dikembangkan pada modul adalah cahaya dan alat indera. Materi ini sulit dipahami karena padat penjelasan, tetapi sedikit dipraktikkan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah dihasilkannya sebuah bahan ajar berbentuk Modul IPA Terpadu Berbasis Guide Inquiry Pokok Bahasan Cahaya dan Alat Indera Kelas VIII di MTsN 2 Solok Selatan yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D), dengan model pengembangan Borg&Gall yang terdiri dari 9 tahap yaitu, potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan revisi produk. Uji validitas produk dilakukan terhadap aspek isi/materi, media, dan bahasa kepada 5 orang validator. Uji praktikalitas modul dilakukan terhadap aspek kemudahan pemakaian modul oleh pendidik dan peserta didik. Uji efektivitas modul dilakukan terhadap aspek minat belajar peserta didik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil Modul IPA Terpadu Berbasis Guide Inquiry Pokok Bahasan Cahaya dan Alat Indera Kelas VIII di MTsN 2 Solok Selatan sangat valid dengan nilai rata-rata 92,78, dengan kategori: kelayakan isi 84,17, kelayakan media 91,67, dan kelayakan bahasa 100. Modul IPA Terpadu Berbasis Guide Inquiry Pokok Bahasan Cahaya dan Alat Indera sangat praktis terhadap aspek kemudahan dengan kategori: nilai praktikalitas produk oleh 3 orang pendidik IPA 84,7 dan praktikalitas skala kecil 76,67 dan skala besar 77,99 pada peserta didik. Modul IPA Terpadu Berbasis Guide Inquiry Pokok Bahasan Cahaya dan Alat Indera Kelas sangat efektif terhadap aspek minat belajar peserta didik dengan nilai efektifitas oleh 65 orang peserta didik diperoleh hasil 85,4. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Modul IPA Terpadu Berbasis Guide Inquiry Pokok Bahasan Cahaya dan Alat Indera Kelas VIII sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif. Kata kunci: Modul, IPA Terpadu, Guide Iquiry, Cahaya dan Alat Indera, Minat Baca

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:19
Last Modified: 19 Sep 2019 02:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6181

Actions (login required)

View Item View Item