Efektivitas Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe STAD di Tinjau dari aktivitas dan Pemahaman Konsep Matematis peserta didik kelas X MIA Padang

ZAINAB, - (2018) Efektivitas Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe STAD di Tinjau dari aktivitas dan Pemahaman Konsep Matematis peserta didik kelas X MIA Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
KOVER PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (225kB)
[img] Text (BAB I)
12. BAB I.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (BAB II)
13. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text (BAB III)
14. BAB III.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text (BAB IV)
15. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text (BAB V)
16. BAB V.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
GABUNGAN KESELURUHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang masih rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah dengan menggunakan model cooperative learning tipe Student Team Achievement Division(STAD). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”Apakah penggunaan model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) ditinjau dari aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X MIA MAN 1 Padang lebih tinggi daripada pendekatan pembelajaran saintifik biasa?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan efektifitas pembelajaran matematika menggunakan model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) ditinjau dari aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X MIA MAN 1 Padang. Manfaat penelitian ini secara teoritis adalah untuk memberikan sumbangan pemikiran tentang efektifitas penggunaan model cooperative learning tipe STAD dalam pembelajaran matematika peserta didik kelas X MIA MAN 1 Padang. Sedangkan secara praktis penelitian ini bermanfaat bagi peneliti, pendidik dan peserta didik MAN 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA MAN 1 Padang tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes dengan instrumen penelitian lembar observasi dan soal tes berupa soal essay. Hasil penelitian ini adalah (1) aktivitas belajar peserta didik menggunakan model cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) lebih tinggi daripada aktivitas belajar menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik biasa. (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis kelas eksperimen leibh tinggi dari kemampuan pemahaman konsep matematis kelas kontrol dengan rata-rata 78,05 dan 67,94. Pengolahan data hasil tes akhir dilakukan melalui uji-t. Hasil analisis dengan uji t diperoleh t i hitung > t (1,678 > 1,645) pada selang kepercayaan 95 %. Karena t hitung > t tabel maka H tabel 0 ditolak dan H diterima, artinya hipotesis yang dikemukakan sebelumnya diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) ditinjau dari aktivitas belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik lebih tinggi daripada pendekatan pembelajaran saintifik biasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2019 01:30
Last Modified: 19 Sep 2019 01:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6175

Actions (login required)

View Item View Item