Pengembangan Handout Matematika Berbasis Kontekstual pada Materi Aritmatika Sosial untuk Kelas VII SMP

YONI GUSRIYANTI, - (2018) Pengembangan Handout Matematika Berbasis Kontekstual pada Materi Aritmatika Sosial untuk Kelas VII SMP. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover-daftar lampiran.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (525kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (376kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
skripsi lengkap pdf.pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Keterbatasan sumber belajar disekolah menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kurangnya motivasi peserta didik dalam belajar. Bahan ajar yang digunakan peserta didik hanya terfokus pada penguasaan materi secara teoritis, sehingga peserta didik kurang terlibat langsung dalam menemukan konsep matematika. Untuk itu perlu dikembangkan suatu bahan ajar berupa handout berbasis kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan handout berbasis kontekstual pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang dikemukakan oleh Thiangarajan, dkk dalam Trianto (2012: 189) yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap develop. Tahap define terdiri dari analisis awal akhir, analisis peserta didik, analisis konsep, analisis tugas, dan spesifikasi tujuan. Tahap design terdiri dari perancangan handout dan perancangan instrumen penelitian. Tahap develop yaitu mengembangkan handout dan dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas, instrumen yang digunakan untuk validitas yaitu instrumen lembar validasi dan instrumen yang digunakan untuk praktikalitas yaitu instrumen lembar praktikalitas, pedoman lembar wawancara dengan peserta didik. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Penelitian ini menghasilkan handout aritmatika sosial berbasis kontekstual untuk peserta didik kelas VII. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian ahli, handout yang dikembangkan memenuhi kriteria valid oleh para ahli dengan rata-rata 82,31%. Berdasarkan pada hasil observasi keterlaksanaan handout, pengisian angket uji praktikalitas handout oleh pendidik dan peserta didik, serta wawancara dengan peserta didik, menunjukkan bahwa handout yang dikembangkan sudah praktis untuk digunakan pada pembelajaran matematika materi aritmatika sosial dengan rata-rata 84,23% oleh pendidik dan 84,72% oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2019 07:29
Last Modified: 18 Sep 2019 07:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6170

Actions (login required)

View Item View Item