Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligences pada Materi Koordinat Kartesius Kelas VIII SMP N 8 Payakumbuh

LILLAH ZULMIATI, - (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligences pada Materi Koordinat Kartesius Kelas VIII SMP N 8 Payakumbuh. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DNAN ABSTRAK)
A. COVER,PERSETUJUAN PEMBIMBING, ABSTRAK,ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (482kB)
[img] Text (BAB I)
B. BAB I.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (BAB II)
C. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text (BAB III)
D. BAB III.pdf - Published Version

Download (449kB)
[img] Text (BAB IV)
E. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
F. BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
H. SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang mampunya pendidik mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik khususnya perangkat yang mengakomodasi kecerdasan majemuk peserta didik, sehingga peserta didik merasa kesulitan dalam belajar karena pembelajaran tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkannya. Untuk itu perlu dikembangkan suatu perangkat pembelajaran matematika berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis multiple intelligences. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika pada materi koordinat kartesius kelas VIII SMP yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang dikemukakan oleh Reiser dan Mollenda dalam Amri (2013:264) yang terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu analysis, design, develop, implementation, dan evaluation. Tahap analysis terdiri dari analisis peserta didik dan pendidik, analisis konsep, analisis tugas, dan spesifikasi tujuan. Tahap design terdiri dari perancangan perangkat dan perancangan instrumen penelitian. Tahap develop yaitu mengembangkan perangkat beserta instrumen dan dilakukan uji validitas terhadap perangkat yang dikembangkan. Data hasil uji validitas tersebut dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Tahap implementation yaitu melakukan uji praktikalitas terhadap perangkat yang sudah divalidasi pada tahap develop, dan tahap evaluation dilakukan evaluasi terhadap perangkat yang telah dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan perangkat (RPP dan LKPD) koordinat kartesius berbasis multiple intellligences. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata dan RPP dengan kriteria sangat valid dengan rata-rata . Berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan LKPD dan RPP, pengisian angket uji praktikalitas RPP dan LKPD oleh pendidik dan peserta didik, serta wawancara dengan peserta didik, menunjukkan bahwa LKPD dan RPP yang dikembangkan sudah praktis untuk digunakan pada pembelajaran matematika materi koordinat kartesius dengan rata-rata 86,58% untuk praktikalitas RPP, 84,24% untuk praktikalitas LKPD oleh pendidik, dan 96,79% untuk praktikalitas LKPD oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2019 07:25
Last Modified: 18 Sep 2019 07:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6164

Actions (login required)

View Item View Item