Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Lubuk Alung

SARNI, - (2018) Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Lubuk Alung. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover, Persetujuan pembimbing dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (420kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (647kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang penulis temukan di sekolah bahwa terlihat di antara peserta didik yang mudah marah karena permasalahan kecil, bertengkar dengan teman dan berkata kotor, tidak memperhatikan guru saat jam pelajaran berlangsung, tidak mau tampil di depan kelas, mencontek tugas teman, tidak semangat dalam belajar, dan adanya peserta didik yang suka pilih-pilih teman, hal ini menggambarkan bahwa peserta didik kurang memiliki kecerdasan emosional. Pola asuh orang tua sangat berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII SMPN 2 Lubuk Alung”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi pola asuh orang tua di SMPN 2 Lubuk Alung, (2) Tingkat kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII SMPN 2 Lubuk Alung, (3) Hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 130 orang yang terdiri dari kelas VIII dan jumlah sampel sebanyak 98 orang yang diambil dengan penggunaan teknik random sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket tentang pola asuh orang tua dan kecerdasan emosional. Data diolah dengan menggunakan program statistical product and service solution (SPSS) versi 20.00, serta dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment Correlation Coefisien Karl pearson. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Pola asuh orang tua di SMPN 2 Lubuk Alung menempati kategori cukup baik sebesar 85% dengan frekuensi 83 dan pola asuh yang dominan dipakai ialah pola asuh otoritatif dengan persentase tertinggi sebesar 44,41%. (2) Tingkat tecerdasan emosional peserta didik kelas VIII SMPN 2 Lubuk Alung menempati kategori sedang sebesar 63,2% dengan frekuensi 62 dan kemampuan peserta didik dalam mengenali emosi diri memperoleh persentase tertinggi yaitu 29,97% (3) Tingkat signifikan yang digunakan adalah 5% (α=0,05). Kriteria pengujian H0 ditolak dan Ha diterima apabila rhitung > rtabel. Dari hasil pengolahan data didapatkan bahwa rhitung = 0,394 lebih besar dari rtabel untuk signifikan 5%= 0,205, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga kesimpulannya didapat bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional. Artinya, semakin baik pola asuh yang dikembangkan orang tua maka semakin tinggi pula kecerdasan emosional yang dimilki oleh peserta didik, begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2019 06:07
Last Modified: 12 Sep 2019 06:07
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6089

Actions (login required)

View Item View Item