Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas VIII Di SMP N 2 Ranah Pesisir

YETRI MAIYUNITA, - (2018) Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas VIII Di SMP N 2 Ranah Pesisir. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover, pengesahan dan abstrak.pdf - Published Version

Download (601kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (472kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (498kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
File gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang penulis temukan di SMPN 2 Ranah Pesisir, peserta didik sering berkelahi di kelas, ada peserta didik yang merasa curiga kepada sesama teman dan kebencian diantara sesama peserta didik, banyak peserta didik yang memilih-milih teman dalam bergaul dan terdapat geng-geng dalam kelas tersebut. Dalam proses belajar mengajar berlangsung ada peserta didik yang sibuk sendiri dan tidak mendengar guru menjelaskan. peserta didik tidak memiliki rasa percaya diri,merasa dirinya tidak berguna, bersikap menutup diri dan takut menceritakan masalah yang sedang dialami. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah” Apakah terdapat Hubungan antara Konsep Diri dengan Interaksi Sosial Peserta Didik kelas VIII di SMPN 2 Ranah Pesisir?” Batasan masalah dalam penelitian ini adalah a) Konsep Diri Peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Ranah Pesisir, b) Interaksi Sosial peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Ranah Pesisir, c) Hubungan Konsep Diri dengan Interaksi Sosial peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Ranah Pesisir. Tujuan penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui konsep diri peserta didik kelas VIII di SMP N2 Ranah Pesisir 2)Untuk mengetahui interaksi social peserta didik kelas VIII di SMP N2 Ranah Pesisir 3)Untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan interaksi social kelas VIII di SMP N2 RanahPesisir. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Ranah Pesisir yang berjumlah 182 Orang dan jumlah sampel sebanyak 45 orang dengan menggunakan rumus purposive sampling kemudian diacak dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket, kemudian data diolah dengan menggunakan program statistical product and service solution (SPSS) versi 20, serta dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment Correlation Coefisien Karl Pearson. Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa (1) konsep diri peserta didik di SMPN 2 Ranah Pesisir tergolong kurang baik (2) Interaksi Sosial peserta didik di SMPN 2 Ranah Pesisir tergolong cukup baik (3) terdapat hubungan positif dan signifikan Antara Konsep Diri Dengan Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 2 Ranah Pesisir. Keeratan Hubungan antara konsep diri dengan interaksi sosial peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Ranah Pesisir terdapat korelasi yang sedang atau tinggi. Implikasi penelitian ini terhadap Bimbingan dan Konseling yaitu guru BK perlu memperbaiki Konsep Diri dan Interaksi Sosial peserta didik dengan memberikan layanan-layanan yang dibutuhkan oleh peserta didik dalam meningkatkan konsep diri dan interaksi sosial seperti layanan informasi, layanan konseling perorangan dan layanan konseling kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2019 06:06
Last Modified: 12 Sep 2019 06:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6087

Actions (login required)

View Item View Item