PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI LISTRIK STATIS DAN MEDAN MAGNET DI KELAS XII SMA/ MA

Putri Ardilla, Putri (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI LISTRIK STATIS DAN MEDAN MAGNET DI KELAS XII SMA/ MA. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (FILE GABUNGAN)
FULL GABUNGAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (COVER)
COVER skripsi PUTRI ARDILLA lengkappp.pdf - Published Version

Download (390kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (556kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (164kB)

Abstract

ABSTRAK PUTRI ARDILLA, 1414080230 “Pengembangan Instrumen Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Listrik Statis dan Medan Magnet Kelas XII SMA/MA”, Skripsi: Jurusan Tadris IPA-Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Padang, 2019. Pengembangan instrumen soal HOTS dilatarbelakangi penggunaan soal fisika yang selama ini digunakan masih dalam tahap menghapal, mendefinisikan, menggambarkan, serta mengidentifikasi sehingga kemampuan berpikir kritis peserta didik belum terlatih dan peserta didik masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan soal sintesi, analisis, dan evaluasi pada materi listrik statis dan medan magnet. Sejalan dengan permasalahan tersebut, perlu dikembangkan instrumen soal HOTS pada materi listrik statis dan medan magnet kelas XII SMA/MA. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan instrumen soal HOTS pada materi listrik statis dan medan magnet yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan Research & Development (R&D). Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp. Tahapan pengembangan adalah preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Pada preliminary research dilakukan analisis kebutuhan dan analisis literatur. Prototype phase terdiri dari mendesain prototype, evaluasi formatif, dan revisi produk. Pada tahap ini dilakukan perancangan instrumen soal HOTS pada materi listrik statis dan medan magnet terlebih dahulu divalidasi oleh 5 orang validator dari segi aspek materi, konstruksi, dan bahasa menggunakan angket validasi. Assesment phase dilakukan untuk melihat praktikalitas oleh 2 orang pendidik fisika, praktikalitas oleh 10 orang peserta didik di XII IPA 1 dan IPA 2 MAN Kota Pariaman dan untuk melihat tingkat keefektifitasan oleh 10 peserta didik di XII IPA 1 dan 10 peserta didik di XII IPA 2 pada aspek kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil validasi instrumen soal HOTS dari segi materi, konstruksi dan bahasa dengan nilai rata-rata 84,36 % pada materi listrik statis dan medan magnet dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas menunjukkan bahwa soal HOTS dikembangkan dengan kategori praktis dilihat dari segi instrumen mudah ditafsirkan dan jelas dan kemudahan penggunaan tes dengan skor rata-rata 85,31 % di lokal XII IPA 1 dan 89,68 % di lokal XII IPA 2. Hasil efektifitas menunjukkan bahwa instrumen soal HOTS dikembangkan dengan kategori efektif dilihat dari kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan reliabilitas 0,76 pada KD 3.2 dan 0,72 pada KD 1.1 di SMAN 2 VII Koto Sungai Sarik dan 0, 70 pada KD 3.2 dan 0,72 pada KD 1.1 di MAN Kota Pariaman. Jadi dapat disimpulkan bahwa instrumen soal HOTS pada materi listrik statis dan medan magnet reliabel pada setiap KD dan dapat melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: HOTS, Berpikir Kritis,Instrumen Tes, Plomp

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General)
U Umum (General) > Referensi Umum dan Terbitan Berseri
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 29 May 2020 00:59
Last Modified: 29 May 2020 00:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/5856

Actions (login required)

View Item View Item