PERAN FASILITATOR DALAM PEMBERDAYAAN KARAKTER ANAK YAYASAN ANAK SHOLEH 85 DI KOTA PADANG

RISKA AFDILLA, RISKA (2019) PERAN FASILITATOR DALAM PEMBERDAYAAN KARAKTER ANAK YAYASAN ANAK SHOLEH 85 DI KOTA PADANG. Masters thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (COVER)
cover.pdf - Published Version

Download (327kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (543kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (776kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (DAFTAR KEPUSTAKAAN)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
gabungan tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://peranfasilitator

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengangkat tema tentang “PERAN FASILITATOR DALAM PEMBERDAYAAN KARAKTER ANAK YAYASAN ANAK SHOLEH 85 DI KOTA PADANG”. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di Kota Padang masih banyak anak-anak yang tidak mendapatkan hak-hak dan kebutuhannya, bahkan anak-anak juga mendapatkan kekerasan karena pola asuh yang salah, baik dari lingkungan keluarga maupun lingkungan sekitarnya. Karena pola asuh yang salah anak-anak cenderung mencari tempat yang aman untuk dirinya, hal tersebut mempengaruhi sikap anak-anak menjadi cenderung kasar bahkan saat berbicara dengan orang yang lebih tua. Yayasan mempunyai program 30 Menit Benilai dan KQS (Kauny Qur’an School). Pendekatan atau program pembinaan karakter terhadap anak ini dipandang mampu dalam menarik simpati anak-anak untuk belajar di yayasan ini dan pendekatan ini mampu merubah sikap anak-anak yang diberdayakan. Maka dari itu peran apa yang dilakukan oleh Yayasan Anak Sholeh 85 dalam melakukan pemberdayaan karakter anak. Penelitian ini difokuskan pada tiga pertanyaan, pertama, bagaimana peran fasilitator sebagai narasumber dalam pemberdayaan karakter Anak Yayasan Anak Sholeh 85 di Kota Padang pada aspek nilai kerjasama, kebahagian, dan toleransi. Kedua, bagaimana peran fasilitator sebagai trainer dalam pemberdayaan karakter Anak Yayasan Anak Sholeh 85 di Kota Padang pada aspek nilai kerjasama, kebahagian, dan toleransi. Ketiga, bagaimana peran fasilitator sebagai mediator dalam pemberdayaan karakter Anak Yayasan Anak Sholeh 85 di Kota Padang pada aspek nilai kerjasama, kebahagian, dan toleransi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan melihat kegiatan yang dilakukan oleh fasilitator Yayasan Anak Sholeh 85, sedangkan wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi-informasi setiap kegiatan. Dokumentasi untuk mengambil dokumen-dokumen dan foto-foto. Temuan penelitian menunjukkan pertama, peran fasilitator sebagai narasumber yaitu menganalisa SWOC (Strength, Weakness, Opportunity, Challenge) yang ada di setiap Rumah Karakter RAS Yayasan Rumah Anak Shaleh’85, merumuskan, melaksanakan, dan melakukan monitoring evaluasi dan kemudian sebagai pusat informan pengembangan program Rumah Karakter: Rumah Anak Sholeh Yayasan Anak Sholeh 85 di Kota Padang. Kedua, peran fasilitator sebagai trainer yaitu melakukan pembimbingan kepada anak secara langsung dan berkelanjutan, sebagai tempat konsultasi jika ada anak yang bercerita tentang kisah kehidupannya dan memberi nasehat serta masukkan kepada anak, dan sebagai penyampaian materi atau program kepada anak-anak yang diberdayakan karakternya. Ketiga, peran fasilitator sebagai mediator dalam pemberdayaan karakter anak Yayasan Anak Sholeh 85 di Kota Padang dalam aspek nilai kerjasama, kebahagiaan, dan toleransi yaitu sebagai perantara atau penghubung masyarakat untuk memahami masalah yang dihadapi masyarakat guna mencapai tujuan. Kata kunci: Peran Fasilitator, Pemberdayaan Anak, dan Karakter

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: U Umum (General)
U Umum (General) > Referensi Umum dan Terbitan Berseri
U Umum (General) > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Users 42 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2020 04:33
Last Modified: 20 Jun 2020 04:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/5782

Actions (login required)

View Item View Item