Internalisasi Nilai-nilai Karakter Berbasis Kelas di SMP IT Darul Hasan Padang Sidempuan Provinsi Sumatera Utara

Hasibuan, Nur Asia (2019) Internalisasi Nilai-nilai Karakter Berbasis Kelas di SMP IT Darul Hasan Padang Sidempuan Provinsi Sumatera Utara. Masters thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (Cover, Persetujuan Pembimbing, Abstrak)
Cover-Persetujuan-Abstrak.pdf - Published Version

Download (531kB)
[img] Text (BAB 1)
08. BAB I oke .pdf - Published Version

Download (821kB)
[img] Text (BAB 2)
09. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (991kB)
[img] Text (BAB 3)
010. BAB III .pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (BAB 4)
011. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text (BAB 5)
012. BAB V.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
013. DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (428kB)
[img] Text (Full Text)
Nur Asia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Nur Asia Hasibuan, NIM. 088172737, “Internalisasi Nilai-nilai Karakter Berbasis Kelas di SMP IT Darul Hasan Padang Sidempuan Provinsi Sumatera Utara”, Tesis, Padang: Program Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, Jurusan, Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh SMP IT Darul Hasan merupakan lembaga pendidikan untuk melaksanakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis kelas. Dalam penguatan pendidikan karakter ada namanya penguatan pendidikan karakter berbasis kelas, untuk tercapainya penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekalah tersebut, sekolah harus melakukan berbagai macam program. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana internalisasi nilai-nilai karakter berbasis kelas di SMP IT Darul Hasan Padang Sidempuan Provinsi Sumatera Utara?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Nilai-nilai karakter yang terdapat dalam penguatan pendidikan karakter berbasis kelas di SMP IT Darul Hasan Padang Sidempuan. 2) Bentuk perencanaan penguatan pendidikan karakter berbasis kelas di SMP IT Darul Hasan Padang Sidempuan. 3) Bentuk penerapan penguatan pendidikan karakter berbasis budaya kelas di SMP IT Darul Hasan Padang Sidempuan. 4) Bentuk evaluasi penerapan penguatan pendidikan karakter berbasis kelas di SMP IT Darul Hasan Padang Sidempuan Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif, yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru PAI, kepala sekolah, peserta didik. Penetapan sampel menggunakan teknik snowball sampling dengan menanyakan secara menyeluruh dan detail kepada guru PAI dan peserta didik, guru PAI sebagai pelaksana dan peserta didik sebagai objek dari penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan: 1) Nilai-nilai karakter yang terdapat dalam penguatan pendidikan karakter berbasis kelas di SMP IT Darul Hasan Padang Sidempuan Provinsi Sumatera Utara bahwa SMP IT Darul Hasan sudah memiliki pendidikan karakter berbasis kelas yang menjurus kepada pengimplementasian nilai-nilai utama dalam PPK, nilai-nilai tersebut yaitu: nilai karakter religius, nilai karakter nasionalis, nilai karakter mandiri, nilai karakter gotong-royong, dan nilai karakter integritas.. 2) Bentuk perencanaan penguatan pendidikan karakter berbasis kelas di SMP IT Darul Hasan Padang Sidempuan Provinsi Sumatera Utara dengan merencanakan program penguatan pendidikan karakter melalui berbagaitahapan. Langkah selanjutnya yaitu merumuskan visi dan misi sekolah yang sesuai dengan PPK. Kemudian mendesain dan merumuskan berbagai program sekolah yang sesuai dengan nilai keutamaan lokal yang telah ditetapkan. 3) Bentuk penerapan penguatan pendidikan karakter berbasis budaya kelas di SMP IT Darul Hasan Padang Sidempuan Provinsi Sumatera Utara yakni tingkat keterlaksanaan program penguatan pendidikan karakter di SMP IT Darul Hasan Padang Sidempuan dilakukan dengan mengikuti pedoman pelaksanaan program PPK dan strategi pelaksanaan program PPK. Penerapan penguatan pendidikan karakter di SMP IT Darul Hasan Padang Sidempuan disesuaikan dengan pedoman pelaksanaan program sekolah. 4) Bentuk evaluasi penerapan penguatan pendidikan karakter berbasis kelas di SMP IT Darul Hasan Padang Sidempuan Provinsi Sumatera Utara yakni tingkat keterlaksanaan evaluasi penguatan pendidikan karakter berbasis kelas di SMP IT Darul Hasan Padang Sidempuan dengan menerapkan evaluasi program PPK, proses evaluasi program PPK dan tindak lanjut program PPK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Psicology Teology Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Psicology Teology Religion > BL Religion > Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2020 13:31
Last Modified: 20 Jun 2020 13:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/5738

Actions (login required)

View Item View Item