Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembinaan Sikap dan Keterampilan Beragama Siswa (Studi Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Bukittinggi

Fitriza, Fitriza (2015) Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembinaan Sikap dan Keterampilan Beragama Siswa (Studi Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Dalam melakukan kajian terhadap keberhasilan sistem pendidikan semestinyalah para pendidik, tenaga kependidikan dan pemerintah memahami kurikulum, serta berusaha mengembangkannya . Salah satu bentuk usaha yang dilakukan oleh pemerintah di bidang pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional yaitu munculnya kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang berbasis kompetensi dan karakter, dengan tujuan untuk ter wujudnya peserta didik yang berakhlak mulia. Salah satu indikator yang membedakan kurikulum 2013 dengan kurikulum KTSP adalah setiap mata pelajaran mendukung semua kompetensi (sikap, keterampilan, pengetahuan). Hal ini sesuai dengan tujuan pembelajaran PAI yang menuntut adanya keseimbangan antara aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: proses perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, dan proses penilaian pembelajaran pada aspek pem binaan sikap dan keterampilan beragama siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Bukittinggi . Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research ) dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif . Setting penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Bukittinggi . Sumber data penelitian terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer terdiri dari 2 orang guru PAI yang mengajar di kelas X dan XI. Sedangkan sumber data sekunder terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan siswa SMA Negeri 3 Bukittinggi . Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman dengan langkah - langkah , sebagai berikut : 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) pengambilan kesimpulan. Sedangkan, teknik analisis data terdiri dari uji kredibilitas, uji dependa bilitas , dan uji k onfirmabilitas . Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa : 1) Proses Perencanaan pembelajaran guru dalam pembinaan sikap dan keterampilan beragama siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Bukittinggi terletak pada tujuan pemebelajaran, materi pembelajaran, dan evaluasi pembelajarannya. 2) Proses pembelajaran yan g menekankan pada pembinaan sikap dan keterampilan beragama siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Bukittinggi terletak pada langkah - langkah pembelajaran nya, yang terdiri dari: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3) Proses penilaian pembelajaran pada pembinaan sikap dan keterampilan beragama siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Bukittinggi dilakukan pada 3 aspek, yaitu: aspek afektif, kognitif, d a n psikomotor. vi Pada aspek afektif dilakukan dengan teknik observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan penilaian teman sebaya. Pada aspek kognitif dilakukan dengan teknis tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Sedangkan pada aspek psikomotor dilakukan dengan teknik tes unjuk kerja, projek, dan portofolio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 20 Feb 2018 19:06
Last Modified: 20 Feb 2018 19:08
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item View Item