Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Al-Quran Peserta Didik kelas VIII Di SMP N 30 Padang.

Jumatir, Jumatir (2017) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Al-Quran Peserta Didik kelas VIII Di SMP N 30 Padang. Skripsi thesis, UIN imam bonjol padang.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

latar belakang penelitian ini berdasarkan dari fakta lapangan yang penulis temukan bahwa peserta didik di SMPN 30 Padang meiliki motivasi yang sangat tinggi dalam pembejaran al-Quran, sehingga mereka memiliki hasil belajar yang baik. Pada survey awal yang penulis lakukan dengan mewawancarai beberapa orang peserta didik, mereka menyatakan bahwa orang yang rajin dan memiliki motivasi yang tinggi mendapatkan hasil belajar yang baik. Adapaun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar al-Quran peserta didik kelas VIII di SMPN 30 Padang”. Sedangkan batasan masalah dari penelitian ini adalah a) Motivasi belajar al-Quran peserta didik kelas VIII di SMPN 30 Padang. b) Hasil belajar al-Quran peserta didik kelas VIII di SMPN 30 Padang. c) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar al-Quran peserta didik kelas VIII di SMPN 30 Padang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui a) Mendeskripsikan motivasi belajar al-Quran peserta didik kelas VIII di SMPN 30 Padang. b) Mendeskripsikan hasil belajar al-Quran peserta didik kelas VIII di SMPN 30 Padang. c) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar al-Quran peserta didik kelas VIII di SMPN 30 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMPN 30 Padang yang berjumlah 290 orang dan jumlah sampel sebanyak 72 orang yang diambil dengan penggunaan teknik porposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari 1 (satu) angket yaitu angket tentang motivasi belajar. Data diolah dengan menggunakan program statistical product and service solution (SPSS )versi 20.00, serta dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment Correlation Coefisien Karl Pearson. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) motivasi belajar al-Quran peserta didik di SMPN 30 Padang dapat dikategorikan baik (2) hasil belajar al-Quran peserta didik SMPN 30 Padang tergolong baik (3) Dari hasil pengolahan data tampak bahwa rxy = 0,427 lebih besar dari rtabel untuk signifikan 1 %= 0,302 dan untuk signifikansi 5% = 0,232, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga kesimpulannya didapat bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar al-Quran. Artinya semakin tinggi motivasi belajar al-Quran peserts didik maka akan baik pula hasil belajarnya dan begitu juga sebaliknya. Berdasarkan hasil temuan di atas disarankan kepada peserta didik agar memiliki motivasi belajar yang tinggi, supaya mendapatkan hasil belajar yang baik. Karena motivasi belajar dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 09 Feb 2018 14:36
Last Modified: 12 Nov 2018 02:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item View Item