HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSI DENGAN PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK DI SMPN 6 PARIAMAN

LAILA, HUSNI (2019) HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSI DENGAN PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK DI SMPN 6 PARIAMAN. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING, ABSTRAK)
a. Cover, Persetujuan Pembimbing dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (406kB)
[img] Text (BAB I)
b. bab 1.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] Text (BAB II)
b. bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text (BAB III)
b. bab 3.pdf - Published Version

Download (482kB)
[img] Text (BAB IV)
b. bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] Text (BAB V)
b. bab 5.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
c. daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI)
d. Keseluruhan File.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Hubungan Kematangan Emosi dengan Perilaku Agresif Peserta Didik di SMPN 6 Pariaman” yang ditulis oleh Laila Husni, NIM. 1314030540 mahasiswi jurusan Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi seringnya terjadi perilaku agresif yang dilakukan oleh beberapa peserta didik kelas VIII di SMPN 6 Pariaman, peserta didik sering mengeluh tentang perilaku temannya yang kasar, suka mengejek keadaan fisik teman, menggertak, mendorong teman, menarik kursi ketika temannya akan duduk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kematangan emosi peserta didik di sekolah, perilaku agresif peserta didik di sekolah, dan menguji hubungan antara kematangan emosi dengan perilaku agresif peserta didik di SMPN 6 Pariaman. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 6 Pariaman yang berjumlah 102 responden dan jumlah sampel yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 50 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan angket. Data diolah dengan menggunakan program (SPSS) versi 20, serta dianalisis dengan menggunakan rumus product moment correlation coefisien carl pearson. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa: pertama persentase kategori kematangan emosi peserta didik dari 50 responden ada 9 responden atau 18% responden berada pada kategori kematangan emosi tinggi, 35 responden atau 70% responden berada pada kategori kematangan emosi sedang, dan 6 responden atau 12% responden berada pada kategori kematangan emosi rendah. kedua presentase perilaku agresif peserta didik dari 50 responden ada 11 responden atau 22% responden berada pada kategori perilaku agresif tinggi, 33 responden atau 66% responden berada pada kategori perilaku agresif sedang, dan 6 responden atau 12% responden berada pada kategori perilaku agresif rendah. ketiga bahwa rxy = 0,379 lebih besar dari rtabel untuk signifikan 1% = 0,361 dan untuk signifikan 5% = 0,279, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Pada koefisien korelasi menunjukkan arah lokasi yang positif, artinya terdapat korelasi positif yang signifikan antara hubungan kematangan emosi dengan perilaku agresif peserta didik kelas VIII di SMPN 6 Pariaman. Semakin tinggi kematangan emosi maka semakin rendah perilaku agresif peserta didik kelas VIII di SMPN 6 Pariaman. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya. Kata Kunci: kematangan emosi, perilaku agresif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 25 May 2020 22:42
Last Modified: 25 May 2020 22:42
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/5331

Actions (login required)

View Item View Item