KONSEP DIRI ORANG DEWASA DALAM BELAJAR AL-QURAN TINJAUAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM (STUDI DI LEMBAGA PENDIDIKAN AL-QURAN ASHHABUL QURAN KOTA PAYAKUMBUH)

Laila, Fitriani (2019) KONSEP DIRI ORANG DEWASA DALAM BELAJAR AL-QURAN TINJAUAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM (STUDI DI LEMBAGA PENDIDIKAN AL-QURAN ASHHABUL QURAN KOTA PAYAKUMBUH). Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (Cover, Persetujuan, Abstrak)
COVER PERSETUJUAN ABSTRAK(1).pdf - Published Version

Download (903kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text
GABUNGAN KESELURUHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Laila Fitriani NIM : 1512020053 Konsep Diri Orang Dewasa dalam Belajar Al-Quran Tinjauan Bimbingan Konseling Islam (Studi Di Lembaga Pendidikan Al-Quran AshHabul Quran Kota Payakumbuh) Jurusan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keunikan orang dewasa yang belajar Alquran di lembaga AshHabul Quran. Orang dewasa tersebut belajar membaca Alquran meskipun mereka memiliki pekerjaan dan kesibukan masing-masing dalam kesehariannya. Di samping itu masih ada murid dewasa lainnya yang tetap belajar Alquran walaupun jarak tempat tinggal mereka jauh dari lembaga AshHabul Quran. Untuk itu penulis tertarik meneliti secara mendalam tentang konsep diri orang dewasa dalam belajar Alquran tinjauan Bimbingan Konseling Islam (Studi di Lembaga Pendidikan Alquran AshHabul Quran Kota Payakumbuh). Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui konsep diri orang dewasa dalam belajar Alquran di Lembaga Pendidikan Alquran AshHabul Quran Kota Payakumbuh dari aspek pengetahun, harapan dan aspek penilaian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif berbentuk penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan karakteristik atau pertimbangan sebagai berikut: 1) orang dewasa yang berusia 40 sampai 60 tahun. 2) orang dewasa yang mapan dalam kehidupannya. 3) orang dewasa yang belum bisa baca tulis Alquran. 3) Orang dewasa yang belajar Alquran selama 6 bulan atau lebih. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pedoman observasi dan wawancara. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Sebagian orang dewasa yang belajar membaca Alquran di AshHabul Quran Kota Payakumbuh memiliki konsep diri yang rendah dalam memandang dirinya, sehingga mereka ingin mendalami tentang Alquran. Dan sebagian lagi mereka telah bisa membaca Alquran namun mereka tetap belajar karena takut lupa akan bacaannya. (2) Aspek pengetahun orang dewasa setelah belajar Alquran ditemukan bahwa dengan belajar Alquran itu mereka merasa pengetahuannya bertambah luas an bertambah mendalam tentang kajian Alquran. (3) Aspek harapan setelah belajar Alquran orang dewasa berkeingingan untuk mengamalkan Alquran dalam kehidupannya dan bisa menghilangkan kebiasaan buruk yang masih mereka lakukan. (4) Dari aspek penilaian setelah belajar membaca Alquran mereka semakin mencintai Alquran dan jika tidak membaca Alquran mereka merasa ada yang kurang di dalam dirinya karena dengan membaca Alquran membuat mereka bertambah nyaman dan tambah jelas arah dan tujuan yang akan mereka tuju.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Psicology Teology Religion > BL Religion > Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2020 08:36
Last Modified: 23 Feb 2020 08:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/5017

Actions (login required)

View Item View Item