Penerapan Strategi CIRC (Cooperative Integrated Rading And Composition) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII MTsN Talaok Bayang Tahun Pelajaran 2016/2017 .

novia sari, Elvi (2017) Penerapan Strategi CIRC (Cooperative Integrated Rading And Composition) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII MTsN Talaok Bayang Tahun Pelajaran 2016/2017 . Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text (Penerapan Strategi CIRC (Cooperative Integrated Rading And Composition) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII MTsN Talaok Bayang Tahun Pelajaran 2016/2017 .)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang nilainya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) . Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih cenderung terpusat pada pendidik. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh hasil belajar yang baik adalah dengan menerapkan Strategi CIRC (Cooperative Inte grated And Composition). Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “ Apakah kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan menerapkan strategi CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan tidak menerapkan strategi CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) pada peserta didik kelas VII MTsN Talaok Bayang ?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kem ampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan menerapkan strategi CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan tidak menerapkan strategi CIRC (Cooperativ e Integrated Reading And Composition.) Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian adalah Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTsN Talaok Bayang yang terdaftar p ada tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah peserta didik sebanyak 204 . Setelah melakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata - r ata maka dilakukan pemilihan kelas sampel secara acak dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Random Samplin g . Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII.6 dan kelas kontrol adalah kelas VII.7 . Hasil penelitian, d ari tes pemecahan masalah berdasarkan nilai tes akhir diperoleh rata - rata nilai kelas eksperimen adalah 75 , 61 dan rata - rata nilai kelas kontrol adalah 67 , 03 . Sebelum melakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas untuk kedua kelas sampel. Setelah kedua kelas diketahui normal dan homogen, maka dilakukan uji hipotesis menggunakan u ji - t . Setelah dilakukan perhitungan sehingga diperoleh 푡 ℎ 푖푡푢푛푔 > 푡 푡푎푏푒푙 ( 2,15 . > . 1 , 6 5 ) dengan α i = i 0 , 05 pada taraf kepercayaan 95% , maka keputusannya adalah hipotesis H 1 diterima dan H 0 ditolak . Berarti kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang menerapkan pembelajaran kooperatif dengan strategi CIRC (Cooperative Integrated And Composition) lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang tidak menerapkan pembelajaran kooperatif dengan Strategi CIRC ( Cooperative Integrated And Composition).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 05 Feb 2018 20:36
Last Modified: 23 Aug 2018 05:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item