Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Peserta Didik yang Belajar dengan Menerapkan Model Formulate Share Listen Create (FSLC) di Kelas VIII SMPN 26 Kota Padang

LISA, ANDRIANI (2019) Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Peserta Didik yang Belajar dengan Menerapkan Model Formulate Share Listen Create (FSLC) di Kelas VIII SMPN 26 Kota Padang. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING, ABSTRAK)
cover dkk.pdf - Published Version

Download (625kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (611kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (834kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (553kB)
[img] Text (SKRIPSI)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK LISA ANDRIANI : Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis NIM. 1514040073 Peserta Didik yang Belajar dengan Menerapkan Model Formulate Share Listen Create (FSLC) di Kelas VIII SMPN 26 Kota Padang Kemampuan penalaran dan komunikasi matematis peserta didik di SMPN 26 Kota Padang masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah model yang digunakan pendidik kurang mengasah kemampuan penalaran dan komunikasi peserta didik. Untuk itu, salah satu cara yang dapat digunakan oleh pendidik dalam meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model Formulate Share Listen Create (FSLC). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran dan komunikasi matematis peserta didik dengan menerapkan model Formulate Share Listen Create (FSLC) lebih tinggi dari pada kemampuan penalaran dan komunikasi matematis peserta didik dengan menggunakan pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 26 Kota Padang. Jenis penelitian adalah Quasy Eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 26 Kota Padang, dengan sampel yang terpilih adalah kelas VIII 7 untuk Eksperimen dan kelas VIII 8 untuk kelas Kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir untuk kemampuan penalaran dan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 26 Kota Padang. Analisis data untuk kemampuan penalaran dan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 26 Kota Padang yaitu uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui nilai rata-rata kemampuan penalaran matematis peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 77,86 dan 70,43 sedangkan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis pada kelas ekperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 78,12 dan 68,82. Setelah dilakukan uji hipotesis untuk kemampuan penalaran matematis peserta didik menggunakan uji-t, diperoleh thitung>ttabel (1,81 >1,65) dengan αi=i0,05 pada taraf kepercayaan 95%, maka keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima, dan uji hipotesis untuk kemampuan komunikasi matematis peserta didik menggunakan uji-t, diperoleh thitung>ttabel (2,02 >1,65) dengan αi=i0,05 pada taraf kepercayaan 95%, maka keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan kemampuan penalaran dan komunikasi peserta didik kelas VIII SMPN 26 Kota Padang yang diajar dengan Model Formulate Share Listen and Create lebih tinggi dari pada yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Kata kunci: kemampuan penalaran matematis, kemampuan komunikasi matematis, model Formulate Share Listen and Create (FSLC)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2020 22:51
Last Modified: 01 Jun 2020 22:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/4768

Actions (login required)

View Item View Item