PEMBINAAN KEBERAGAMAAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMP N) 10 PADANG

LATIVA, MARTATILOVA (2019) PEMBINAAN KEBERAGAMAAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMP N) 10 PADANG. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text (cover persetujuan dan Abstrak)
KOVER PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I OK.pdf - Published Version

Download (630kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III OK.pdf - Published Version

Download (352kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] Text
BAB V OK.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR pustaka OK.pdf - Published Version

Download (364kB)
[img] Text
FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembinaan Keberagamaan Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 10 Padang Lativa Martatilova Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. e-mail: LativaMartatilova.97@gmail.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pembinaan keberagamaan siswa serta faktor- faktor yang berkaitan dengan keberagamaan. Metodologi penelitian yang dipakai adalah kualitatif fenomenologis, yaitu menggambarkan apa adanya sesuai dengan hasil yang sebenarnya. Sumber data adalah kepala sekolah,wakil kepala bidang kesiswaan, guru PAI dan siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi data yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Analisis data yang terdiri dari analisis deskriptif dan analisis teoritik. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) pembinaan keberagamaan siswa di sekolah ini sudah ada, cuma belum terorganisir dan terencana dengan baik (2) ritual, kegiatan- kegiatan keagamaan yang ada seperti kegiatan pembacaan do’a dan Al quran sebelum mulai pembelajaran dan kegiatan sholat dzuhur berjamaah, kultum, infak Jum’at rutin, taqziyah serta peringatan hari-hari besar islam yang masih belum maksimal (3) institusi seperti mesjid, musholla, ruang kelas dan lapangan upacara yang masih belum memadai (4) akademik yang diajarkan kepada peserta didik diantaranya dalah pendidikan ibadah, pendidikan keimanan dan pendidikan akhlak (5) umat yang ada di sekolah ini yakni peserta didik itu sendiri yang dalam kegiatan keagamaan masih belum seluruhnya terlibat dan meramaikan semua bentuk kegiatan keagamaan. Kata Kunci : Pembinaan, Keberagamaan, Siswa, Sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 18 May 2020 06:09
Last Modified: 18 May 2020 06:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/4556

Actions (login required)

View Item View Item