PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI KELAS V MIN PADANG PARIAMAN

LISA, AFRIMAYENTI (2019) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI KELAS V MIN PADANG PARIAMAN. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover dan abstrak)
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING.pdf

Download (303kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (446kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text (FULL)
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul: “Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik di Kelas V MIN Padang Pariaman”. Ditulis oleh LISA AFRIMAYENTI, NIM 1514070039 Jurusan Pendidikan Guru Madrasyah Ibtidayah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya berpikir kritis peserta didik hal ini terlihat karena paserta didik tidak mau manyampaikan pendapatnya, peserta didik terbiasa melakukan kegiatan belajar berupa menghapal materi pelajaran dan rumus-rumus. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga kurang menarik pehatian peserta didik dalam memahami pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dimana peserta didik diminta terlebih dahulu menemukan konsep materi pelajaran sebelum pendidik memberikan penjelasan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model Discovery Learning dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran tematik lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan kemampuan berpikir krtitis peserta didik di kelas V dibandingkan denga model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi- Experimental Research) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Counterbalanced Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh MIN Kabupaten Padang Pariaman dan sampel penilitan diambil secara acak atau Cluster Random Sampling yaitu kelas V MIN 2 Padang Pariaman dan MIN 3 Padang Pariaman. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata tes yang menggunakan model konvensional sebesar 48,04 dan rata-rata skor tes yang menggunakan model Discovery Learning sebesar 65,31. Skor tersebut menunjukkan rata-rata tes menggunakan model Discovery Learning lebih unggul daripada model pembelajaran konvensional. Analisis data dilakukan dengan uji-t yang didapatkan hasil bahwa Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V. Kata Kunci: Discovery Learning, Pembelajaran Tematik, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 26 May 2020 07:24
Last Modified: 26 May 2020 07:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/4483

Actions (login required)

View Item View Item