EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MINAT ANAK MEMBACA Al-QURAN DI TPQ AI-IHSAN SEBERANG PALINGGAM KECAMATAN PADANG SELATAN

Aulia, Ulfa (2019) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MINAT ANAK MEMBACA Al-QURAN DI TPQ AI-IHSAN SEBERANG PALINGGAM KECAMATAN PADANG SELATAN. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (Cover, Persetujuan Pembimbing, Abstrak)
COVER, PERSETUJUAN NPEMBIMBING DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I perubahaan.pdf - Published Version

Download (506kB)
[img] Text (Bab II)
Bab II-1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III perubahan.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV-.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V benar-1.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text (Gabungan)
SKRIPSI FULL-1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Efektivitas Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Minat Membaca Al-Quran di TPQ Al-Ihsan Seberang Palinggam Kecamatan Padang Selatan”, disusun oleh Ulfa Aulia NIM.1512020084 Jurusan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Tahun 2019. Masih banyaknya anak yang kurang berminat seperti tidak serius dalam membaca al-Quran, kurang semangat dalam membaca al-Quran, dan bermainmain dalam membaca al-Quran, dikarenakan anak kurang ketertarik dalam membaca al-Quran. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti ingin mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat membaca al-Quran anak kelas III di TPQ Al-Ihsan Seberang Palinggam. Minat adalah salah satu faktor dari dalam diri yang sangat mendorong untuk mencapai tujuan yang hendak dicapai. Minat yang tinggi membaca al-Quran membuat anak semangat dalam belajar dan dapat dengan mudah mencapai kompetensi yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1)mengetahui perencanaan pelaksanaan persiklus layanan bimbingan kelompok (2)mengetahui proses pelaksanaan persiklus layanan bimbingan kelompok (3)mengetahui hasil pelaksanaan persiklus layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat membaca al-Quran anak. Subjek penelitian ini adalah anak kelas III TPQ ALIhsan Seberang Palinggam Kecamatan Padang Selatan berjumlah 15 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) dengan III siklus. Instrumen yang digunakan adalah angket tentang meningkatkan minat membaca al-Quran. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan yang dilakukan persiklus pada penelitian ini yaitu meningkatkan minat membaca alQuran dengan melalui bimbingan kelompok dengan 3 materi yaitu kegunaan dalam membaca al-Quran, penting dalam membaca al-Quran, dan mempertahankan membaca al-Quran. Perencanaan ini bertujuan agar pelaksanaan tindakan berjalan dengan lancar, (2) Proses yang dilakukan melalui III siklus yaitu siklus I dengan 3 kali pertemuan diperoleh rata-rata sebesar 81,67 dan memperoleh hasil persentase 40% yang mana sebagian anak mengalami perubahan dari tidak serius sudah mulai serius, kemudian dilakukan siklus ke II dengan 2 kali pertemuan memperoleh rata-rata 88,87 dengan hasil persentase 60% yang mana anak sudah bersemangat dalam pelaksanaan bimbingan kelompok dan membaca al-Quran, dan dilakukan siklus III dengan 2 kali pertemuan hasilnya lebih meningkat menjadi nilai rata-rata 95,13 dengan hasil persentase 86% yang mana anak serius dan bersemangat dalam pelaksanaan bimbingan kelompok dan dalam membaca al-Quran. (3)Evaluasi peningkatan dari persiklus dilakukan dengan 2 bentuk yaitu proses dan akhir kegiatan. Evaluasi proses adalah evaluasi yang dilakukan pada persiklus berjalan dengan cara menganlisi hasil angket dan pengamatan setiap siklusnya, sedangkan evaluasi diakhir kegiatan adalah evaluasi yang menggambarkan bahwa terjadi peningkatan minat baca al-Quran yang di peroleh dengan cara menganalisi dari hasil persentase angket siklus III menjadi 86% yang diketagorikan minat membaca anak dalam membaca al-Quran tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2020 09:30
Last Modified: 23 Feb 2020 09:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/4222

Actions (login required)

View Item View Item