TRANSAKSI JUAL BELI FOLLOWER INSTAGRAM DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

Putri, Rika Zakia (2019) TRANSAKSI JUAL BELI FOLLOWER INSTAGRAM DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (Cover, Persetujuan Pembimbing, Abstrak)
a1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab I)
7. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab II)
8. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
9. BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
10. BAB IVok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
11. BAB V.pdf - Published Version

Download (525kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (855kB)
[img] Text (Gabungan)
..SKRIPSI GABUNGAN...pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Transaksi Jual Beli Follower Instagram Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam”. Ditulis oleh Rika Zakia Putri, NIM: 1513030104 mahasiswa pada fakultas syari’ah program studi Hukum Ekonomi Syaria’ah. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi dengan kegiatan manusia yang terus mengalami perkembangan dari masa ke masa yaitu dalam hal transaksi jual beli yang sedemikian maju yang membuat aktivitas ekonomi semakin variatif dan semakin intens dilakukan. Salah satu bentuk transaksi yang mengalami perkembangan adalah transaksi jual beli follower. Hal tersebut dilakukan dengan berbagai alasan yaitu sebagai sarana promosi bisnis, untuk menaikkan personal branding hingga mempopulerkan diri sendiri. Transaksi yang dilakukan cukup sederhana yaitu memesan follower (akun) dengan jumlah yang diinginkannya kepada penjual, lalu penjual akan memberikan pilihan pembayaran. Berdasarkan latar belakang di atas, masalah utama skripsi ini adalah bagaimana transaksi jual beli follower dalam perspektif etika bisnis Islam. Adapun yang menjadi pertanyaan dalam penelitian ini adalah 1.) Bagaimanakah mekanisme jual beli follower instagram?, 2) Bagaimanakah perspektif etika bisnis Islam terhadap jual beli follower instagram? untuk menjawab pertanyaan penelitian, dilakukan penelitian library research yaitu dengan menggunakan bahan pustaka sebagai sumber data utama. Kemudia data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif analitis. Dari analisis yang dilakukan terhadap data tersebut dapat disimpulkan bahwa : 1.) Jual beli follower merupakan model perdagangan baru dalam dunia bermuamalah. Transaksi yang dilakukan dalam jual beli follower ini sebenarnya sama dengan transaksi pada umumnya yaitu adanya penjual, pembeli, dan objek yang diperjualbelikan. Kemudian partik dalam transaksinya yaitu melalui pulsa dan pembayaran transver (via Bank). 2.) perspektif etika bisnis Islam terhadap mekanisme transaksi jual beli follower ini sudah sesuai dengan nilai dan prinsip etika bisnis dalam Islam. Sebab dalam aplikasi penjualan follower ini penjual dan pembeli sama-sama menguntungkan, yaitu pembeli mendapatkan follower secara instan dan penjual mendapat uang dari pihak pembeli follower tersebut. Mengenai hal tersebut sebagai pebisnis yang memiliki pengetahuan agama yang baik dan pebisnis yang beretika akan menghindari perbuatan-perbuatan yang dilarang dalam bermualahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Users 22 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2020 08:08
Last Modified: 11 Mar 2020 08:08
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/3935

Actions (login required)

View Item View Item