KOMPETENSI PUSTAKAWAN PADA BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI KOMPUTER DI UPT PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG HATTA BUKITTINGGI

Mirza, Delvi Marta (2019) KOMPETENSI PUSTAKAWAN PADA BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI KOMPUTER DI UPT PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG HATTA BUKITTINGGI. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text (cover, persetujuan, pengesahan, Abstrak)
cover lengkap.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (6kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9kB)
[img] Text (Skripsi Full)
gabungaan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kompetensi pustakawan di Bidang Teknologi Informasi pada UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi” yang ditulis oleh Delvi Marta Mirza. Dengan NIM. 1511020071, Mahasiswi Jurusan Sejarah Peradaban Islam (SPI). Kosentrasi Ilmu Informasi Perpustakaan (IIP) Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Imam Bonjol Padang. Latar belakang dari penelitian ini adalah teknologi informasi komputer di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta belum dikuasai secara maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pustakawan pada bidang Teknologi Informasi Komputer di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi. Tujuan penelitian adalah untuk melihat dan menggambarkan secara umum tentang kompetensi pustakawan pada bidang Teknologi Informasi di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi; Faktor yang mempengaruhi kompetensi pustakawan pada bidang Teknologi Informasi Komputer di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi Penelitian ini menggunakan metode penelitan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan SPSS 20. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawan caradan angket (Kuesioner). Objek penelitian yaitu pustakawan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi yang paling banyak dikuasai oleh pustakawan adalah kompetensi di bidang surat elektronik (email), dapat dilihat dari hasil jawaban responden 90% menyatakan bahwa merek mampu, berarti sebagian besar pustakawan memiliki kompetensi dalam bidang surat elektronik. Sedangkan kompetensi yang paling rendah yaitu kompetensi penyajian (adobe photoshop). Dari hasiljawaban responden hanya 60% yang menyatakan kurang mampu dalam bidang penyajian; Faktor yang mempengaruhi kompetensi pustakawan pada bidang Teknologi Informasi komputer di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi adalah: a) responden kesulitan dalam membuat laporan dikarenakan tidak mengerti cara penggunaan TI terutama aplikasi yang dipakai di perpustakaan yaitu inlist; b) sasaran kerja SKP pengimputan data buku melalui TI menggunkan inlist dengan aplikasi otomasi tersebut juga terkendala pustakawan masih banyak yang belum mengerti karena pengolahan data diambil menggunakan aplikasi inlist melalui web; c) masih ada juga pustakawan yang belum bisa menggunakan aplikasi otomasi perpustakaan tersebut sepenuhnya karena keter batasan SDM; d) UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi juga menyediakan sarana penyampaian gagasan gagasan karya ilmiah atau jurnal bagi pustakawan, ini juga belum banyak pustakawan yang mengisikan karya ilmiah mereka atau jurnal ilmiah. Kata Kunci :Kompetensi, Pustakawan, TeknologiInformasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2020 09:34
Last Modified: 09 Feb 2020 09:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/3737

Actions (login required)

View Item View Item