Puja, Wulandari (2019) INTERAKSI SOSIAL DISOSIATIF ANAK ASUH DAN UPAYA MENGATASINYA DALAM PRESPEKTIF BIMBINGAN KONSELING ISLAM DI UPTD PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK BINA REMAJA (PSAABR) "BUDI UTAMA" LUBUK ALUNG. Skripsi thesis, UIN IB Padang.
Text (Cover,persetujuan pembimbing,Abstrak.pdf)
Cover,persetujuan pembimbing,Abstrak.pdf - Published Version Download (417kB) |
|
Text (BAB 1.pdf)
BAB 1.pdf - Published Version Download (438kB) |
|
Text (BAB 2.pdf)
BAB 2.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
|
Text (BAB 3.pdf)
BAB 3.pdf - Published Version Download (220kB) |
|
Text (BAB 4.pdf)
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
|
Text (BAB 5.pdf)
BAB 5.pdf - Published Version Download (207kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (124kB) |
|
Text (Full Gabungan.pdf)
Full Gabungan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Interaksi Sosial Disosiatif Anak Asuh dan Upaya Mengatasinya Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling Islam di UPTD Panti Sosial Asuhan Anak Bina Remaja (PSAABR) “Budi Utama” Lubuk Alung” disusun oleh Puja Wulandari Nim. 151202006 pada Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Jurusan Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang menjelaskan bahwa interaksi sosial disosiatif ini masalahnya cukup menarik untuk diteliti yaitu ada indikasi bahwa anak-anak panti saling bertengkar, saling memusuhi satu sama lain, di kucilkan, di bully bahkan berkata kotor dan berburuk sangka kepada orang lain. Namun peneliti melihat tidak semua anak yang begitu ada juga anak-anak yang damai, interaksinya bagus dan anak-anak itu dibina dalam kegiatan yang sama dan arahan yang sama dengan pembimbing yang sama.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang : Bentuk interaksi sosial disosiatif anak asuh di PSAABR “Budi Utama” Lubuk Alung, faktor mempengaruhi interaksi sosial disosiatif anak asuh di PSAABR “Budi Utama” Lubuk Alung, upaya mengatasi interaksi sosial disosiatif dalam perspektif bimbingan dan konseling islam di PSAABR “Budi Utama” Lubuk Alung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomologis. Sebagai sumber data dalam penelitian ini yaitu sesuai dengan sumber data pada BAB III, dengan menggunakan teknik purposive sampling.Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini dipakai teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan menggunakan teknik analisa data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa : Pertama bentuk interaksi sosial disosiatif anak asuh di PSAABR “Budi Utama” Lubuk Alung ini ialah : Persaingan seperti berlomba-lomba dalam penyetoran hafalan ayat pendek, mengambil makanan di dapur. Kontraversi seperti saling bermusuhan, berprilaku tidak sopan, berkata kasar, membully dan menfitnah teman. Konflik seperti menentang pihak lawan dan memberikan ancaman. Kedua faktor penyebab interaksi sosial disosiatif anak asuh di PSAABR “Budi Utama” Lubuk Alung adalah tidak sependapat, kecemburuan sosial dan kesalahpahaman di antara mereka semua. Ketiga upaya mengatasi interaksi sosial disosiatif anak asuh di PSAABR “Budi Utama” Lubuk Alung dalam perspektif bimbingan dan konseling Islam Adalah memberikan layanan konseling agama perorangan, bimbingan agama kelompok dan layanan mediasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 23 Feb 2020 09:13 |
Last Modified: | 23 Feb 2020 09:13 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/3482 |
Actions (login required)
View Item |