Eksistensi Remaja Dalam Menggunakan Permainan Game Online Mobile Legends Sebagai Media Interaksi (Studi Pada Remaja di Kampung Pandan Nagari Koto Nan Duo Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan)

Dandi, Yurdi (2019) Eksistensi Remaja Dalam Menggunakan Permainan Game Online Mobile Legends Sebagai Media Interaksi (Studi Pada Remaja di Kampung Pandan Nagari Koto Nan Duo Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan). Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (COVER, dkk)
cover dkk.pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (430kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (GABUNGAN)
GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Judul Skripsi “Eksistensi Remaja Dalam Menggunakan Permainan Game Online Mobile Legends Sebagai Media Interaksi (Studi Pada Remaja di Kampung Pandan Nagari Koto Nan Duo Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan” Ditulis oleh Dandi Yurdi, NIM 1412010150 Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang. Eksistensi merupakan suatu keberadaan diri manusia dalam ruang dan waktu tententu yang dihadapi secara sadar yang mempunyai kebebasan untuk memilih, menentukan dan memenuhi makna serta tujuan hidupnya. Penelitian ini dilakukan pada kegiatan remaja dalam memainkan game online mobile legends sebagai media interaksi di Kampung Pandan Nagari Koto Nan Duo Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Game online mobile legends sudah mulai menjadi situs jejaring sosial atas dasar perkembangan teknologi yang semakain berkembang, hingga menjadi daya tarik yang diminati oleh banyak kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaiman eksistensi remaja dalam menggunakan permainan game online mobile legends sebagai media interaksi ditinjau berdasarkan aspek-aspek yang terkandung dalam eksistensi, diantaranya: aspek perception (persepsi), aspek recognition of values (pengakuan nilai-nilai dari keadaan seseorang), freedom (kebebasan dari kemampuan manusia dalam menentukan sikap), responsibility (tanggung jawab). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ditentukan melalui teknik purposive sampling yaitu dengan memilih subjek penelitian secara sengaja sesuai keperluan untuk memperkuat kedalaman informasi. Pengumpulan Data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi/pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa eksistensi remaja di Kampung Pandan Nagari Koto Nan Duo Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan dalam mengenal dan memainkan game online mobile legends bermula dari teman dekatnya atau orang-orang dilingkungan sekitarnya, sehingga membuat seorang remaja tersebut berada dalam keadaan yang nyaman dan perasaan senang, seru, atau bahagia saat bermain game online mobile legends. Hal ini memberikan kesan bahwa remaja tersebut dalam memainkan game online mobile legends memberikan kesan bahwa nilai hiburan dan termasuk pelampiasan perasaan dilema atau masalah mereka menjadi suatu tujuan atau arah remaja tersebut untuk memainkan game online mobile legends , bahkan saat meraka sedang memainkan game online mobile legends ditengah-tengah lingkungan sekitanya tidak menjadi suatu pembatas dalam mengakrabkan dirinya dengan seseorang yang ada lingkungan sekitarnya dan tidak mengganggu aktifitas lain, disebabkan remaja tersebut selalu mencoba mengatasi keseringan dalam bermain game onlne mobile legends. Dengan demikian kepedulian terhadap suatu keadaan yang penting ketika seorang remaja berada dalam dunia game online mobile legends menjadi suatu tolak ukur dari tanggung jawab yang ada dalam dirinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Users 14 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2020 04:08
Last Modified: 25 Feb 2020 04:08
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/3406

Actions (login required)

View Item View Item