MIME-Version: 1.0 Content-Type: multipart/related; boundary="----=_NextPart_01CA5BB0.156A7330" This document is a Single File Web Page, also known as a Web Archive file. If you are seeing this message, your browser or editor doesn't support Web Archive files. Please download a browser that supports Web Archive, such as Microsoft Internet Explorer. ------=_NextPart_01CA5BB0.156A7330 Content-Location: file:///C:/C95B506B/hamidtesisABSTRAK.htm Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/html; charset="us-ascii" ABSTRAK

ABSTRAK<= o:p>

 <= /p>

 <= /p>

 

AL HAMID, 08806760, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Baitul = Maal wat Tamwil (BMT) Taqwa Muhammadiyah dalam Rangka Pengembangan Usaha Pedagang Kecil Sektor Informal di Pasar Raya Padang, Tesis : Konsentrasi = Ekonomi Islam Program Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang, 2008. 118 halaman.

Yang men= jadi permasalahan dalam penelitian ini adalah factor-fator yang mempengaruhi perkembangan dan sistem pembinaan yang dilakukan oleh BMT Taqwa Muhammadiyah dalam rangka pengembangan usaha pedagang kecil sektor informal serta bagaim= ana dampak yang dirasakan oleh nasabah terhadap pengembangan usahanya setelah mendapatkan pembinaan dam pembiayaan dari BMT.

Adapun t= ujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) untuk menjelaskan fakt= or-faktor yang mempengaruhi meningkatnya jumlah nasabah BMT Taqwa Muhammadiyah Padang dari tahun ke tahun, (2) untuk menjelaskan bentuk-bentuk pembinaan yang dilakukan oleh BMT Taqwa Muhammadiyah terhadap nasabah, dan (3) untuk menje= laskan dampak yang dirasakan oleh nasabah setelah mendapatkan pembiayaan dan pembi= naan dari BMT Taqwa Muhammadiyah.

Peneliti= an ini bercorak Field Research dalam bentuk studi kasus, sedangkan sumber penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dari lapangan, data sekund= er yang berasal dari buku-buku, artikel, majalah, jurnal yang terkait dengan pembahasan ini serta data tersier yang berasal dari kamus, ensiklopedi dan produk perundang-undangan. Metode yang digunakan adalah pendekatan sosiolog= is dalam bentuk studi kasus. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif analisis.

Hasil pe= nelitian ini mengungkapkan beberapa penemuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan jumlah nasabah BMT taqwa Muhammadiyah dari tahun ke tahun yaitu= : (1) faktor internal nasabah, yang terdiri dari faktor menjalankan syari’at islam dan kemauan sendiri, (2) faktor eksternal nasabah (ber= asal dar BMT), yaitu antara lain : pelayanan mudah, murah dan cepat, kemampuan menyediakan pembiayaan, pendampingan usaha dan pembinaan, manajemen BMT yang profesional, kejujuran dan kepercayaan.

Sistem p= embinaan yang dilakukan oleh BMT Taqwa Muhammadiyah terhadap nasabahnya adalah (1) pembinaan secara individu atau perorangan, (2) pembinaan secara berkelompok. Metode yang digunakan dalam pembinaan ini adalah (1) untuk pembinaan perora= ngan atau individu dilakukan secara komunikasi langsung, dimana para petugas BMT Taqwa Muhammadiyah mendatangi langsung para nasabah ditempat usahanya sekal= igus menarik pembiayaan dan menerima titipan tabungan, (2) untuk pembinaan berkelompok dilakukan melalui pertemuan-pertemuan kelompok yang diadakan ba= gi anggota tetap.

&nb= sp;

Implikas= i dan dampak yang dirasakan oleh nasabah setelah mendapatkan pembiayaan dan pembi= naan dari BMT Taqwa Muhammadiyah adalah cukup signifikan. Hal ini terlihat pada perkembangan usaha nasabah dan kemampuan mereka melunasi pembiayaan serta kemampuan mereka untuk menabung setiap hari.  

------=_NextPart_01CA5BB0.156A7330 Content-Location: file:///C:/C95B506B/hamidtesisABSTRAK_files/header.htm Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/html; charset="us-ascii"





PAGE=  

 

ii

 

------=_NextPart_01CA5BB0.156A7330 Content-Location: file:///C:/C95B506B/hamidtesisABSTRAK_files/filelist.xml Content-Transfer-Encoding: quoted-printable Content-Type: text/xml; charset="utf-8" ------=_NextPart_01CA5BB0.156A7330--