Miskonsepsi Peserta Didik Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Operasi Bilangan Bulat Kelas VII SMP Negeri 3 Lembah Gumanti

FAULA AYUSTINA, - (2018) Miskonsepsi Peserta Didik Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Operasi Bilangan Bulat Kelas VII SMP Negeri 3 Lembah Gumanti. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER. PENGESAHAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (475kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Lembah Gumanti. Hal ini disebabkan karena pemahaman peserta didik terhadap konsep matematika masih rendah, sehingga peserta didik melakukan miskonsepsi dalam menyelesaikan soal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang dilakukan oleh peserta didik pada pokok bahasan operasi bilangan bulat kelas VII SMP Negeri 3 Lembah Gumanti. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII yang terdaftar pada semester I tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian yang dijadikan sumber data kualitatif terdiri dari 6 orang peserta didik yang melakukan miskonsepsi dalam menyelesaikan soal operasi bilangan bulat. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang peserta didik kelompok atas, 2 orang peserta didik kelompok menengah dan 2 orang peserta didik kelompok bawah. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Waktu penelitian dimulai dari tanggal 16 Juli – 04 Agustus 2018 di SMP Negeri 3 Lembah Gumanti tahun pelajaran 2017/2018 semester ganjil. 2 Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik melakukan miskonsepsi terhadap pemahaman konsep matematika. Adapun miskonsepsi yang dilakukan peserta didik adalah: pertama, Menyatakan ulang sebuah konsep. Miskonsepsi ini terjadi karena peserta didik salah dalam menyatakan suatu konsep ke dalam matematikanya. Kedua, miskonsepsi dalam mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya. Miskonsepsi ini terjadi karena peserta didik kurang memahami sifat-sifat operasi bilangan bulat. Ketiga, miskonsepsi menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu. Miskonsepsi ini terjadi karena peserta didik tidak memahami konsep urutan dalam operasi hitung bilangan. keempat, miskonsepsi dalam mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah. Miskonsepsi ini terjadi karena peserta didik mengalami kesulitan bahasa yakni dalam mengubah atau mengartikan bahasa sehari-sehari ke dalam kalimat matematikanya. i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Tadris Matematika tmtk
Date Deposited: 21 Jun 2019 03:17
Last Modified: 21 Jun 2019 03:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2877

Actions (login required)

View Item View Item