Eksperimentasi model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving ( TAPPS ) dan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika Peserta didik kelas VIII SMP N 5 Koto XI Tarusan

ILFA HIDAYATI, - (2018) Eksperimentasi model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving ( TAPPS ) dan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika Peserta didik kelas VIII SMP N 5 Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER. PENGESAHAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (524kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (378kB)
[img] Text (FULL TEKS)
FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang dipilih pendidik belum mampu mengakomodasi kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Untuk itu diterapkan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Dan Problem Posing. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud pair Problem Solving (TAPPS) lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran biasa (pendekatan saintifik). 2) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran biasa (pendekatan saintifik). 3) Mengetahui terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dan diajarkan dengan model pembelajaran Problem Posing. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dan rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 5 Koto XI Tarusan tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu secara Random Sampling dan terpilih kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen I (model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS)), kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen II (Problem Posing) dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol (pendekatan saintifik). Tes akhir belajar diberikan pada ketiga kelas sampel sebanyak 5 soal essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t, karena data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh nilai rata-rata peserta didik pada kelas eksperimen I adalah 86,04, kelas eksperimen II adalah 79,72, dan kelas kontrol adalah 72,5. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t. Untuk hipotesis I diperoleh kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) lebih tinggi dari pada model pembelajaran biasa (pendekatan saintifik). Untuk hipotesis II diperoleh kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi dari pada model pembelajaran biasa (pendekatan saintifik). Untuk hipotesis III diperoleh t hitung = 2,07 > t tabel =1,960, artinya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dan yang belajar dengan model pembelajaran Problem Posing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2019 23:17
Last Modified: 20 Jun 2019 23:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2874

Actions (login required)

View Item View Item