PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA KELAS VIII MTsN DURIAN TARUNGPADANG

SUSKARNI, - (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA KELAS VIII MTsN DURIAN TARUNGPADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
COVER_PERSETUJUAN PEMBIMBING_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (690kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (383kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar fisika siswa kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang, terlihat dari rendahnya nilai rata-rata ujian tengah semester 1 fisika siswa kelas VIII MTsN Tarung Padang yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 80. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu kurangnya motivasi siswa pada mata pelajaran fisika, siswa kurang berani dalam bertanya, baik kepada teman maupun guru, dan tidak semua siswa aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII MTsN Parak Lawas Padang. Jenis penelitian yang digunakan quasy experiment dengan menggunakan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester I MTsN Parak Lawas Padang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas VIII dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas kontrol kelas VIII 4 3 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir sebanyak 25 soal untuk penilaian kognitif dan lembar observasi untuk penilaian afektif. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji-t karena data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata aspek afektif kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 74,43 > 67,90. Pada aspek afektif kelas eksperimen mendapatkan dua kriteria amat baik (A) dan dua kriteria baik (B) sedangkan pada kelas kontrol mendapat tiga kriteria baik (B) dan satu kriteria cukup (C). Rata-rata hasil belajar aspek kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol 78,2 > 71,94. Dari analisis uji hipotesis diperoleh t hitung (3,47) > t tabel (1,67). Artinya H 0 ditolak dan H diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) memberikan hasil belajar fisika siswa yang lebih baik dibandingkan dengan dengan pembelajaran konvensional tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Tadris IPA (Fisika)
Date Deposited: 17 Jun 2019 03:50
Last Modified: 17 Jun 2019 03:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2841

Actions (login required)

View Item View Item