Pengembangan media e-learning berbasis schoology pada mata pelajaran fisika di man 2 padang

WENI SEPTIA WAHYU, - (2018) Pengembangan media e-learning berbasis schoology pada mata pelajaran fisika di man 2 padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
COVER, Persetujuan Pembimbing,dan Abstrak-compressed.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (476kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (566kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (555kB)
[img] Text
FULL-compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang sulit mencari waktu tambahan pelajaran, sedangkan materi yang akan dipelajari cukup banyak dan anggapan siswa bahwa fisika itu sulit dan tidak menarik, sehingga memicu kurangnya minat siswa terhadap pelajaran fisika. Untuk mengatasi permasalah tersebut adalah dengan cara mengembangkan media berbasis e-learning. Salah satu media pembelajaran berbasis e-learning yaitu e-learning berbasis schoology. Penelitian dengan e-learning berbasis schoology telah banyak dilakukan, namun peneliti menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis schoology yang dikemas dalam bentuk handout dan untuk mendukung kegiatan praktikum ditambahkan phet simulation di dalam aplikasi schoology tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran fisika e-learning berbasis schoology pada materi pokok Hukum Newton untuk siswa kelas X Madrasah Aliyah yang valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4-D mulai dari tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Validitas produk dapat dilihat dari aspek kelayakan isi, konstruksi (kelengkapan dan kegrafisan media), serta penggunaan bahasa. Praktikalitas produk dilihat dari aspek kemudahan dalam proses penggunaan, serta pemahaman konsep dan materi. Efektivitas penggunaan produk dinilai dari aspek minat belajar peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas menggunakan angket dengan skala Likert dan dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) produk dikatakan valid menurut 5 validator dengan nilai rata-rata 92,36% dengan kategori sangat valid. (2) produk dikatakan praktis menurut 2 pendidik fisika dengan nilai rata-rata 91,25% dengan kategori sangat praktis, sedangkan menurut 10 peserta didik kelas X MAN 2 Padang dengan perolehan nilai rata-rata 84,25% dengan kategori sangat praktis. (3) produk dikatakan efektif menurut 25 peserta didik kelas X MAN 2 Padang dengan nilai rata-rata 85,8% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa media e-learning berbasis schoology pada mata pelajaran IPA (Fisika) valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran fisika kelas X di MAN 2 Padang. Kata kunci: E-learning, Schoology, PhET Simulation

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2019 03:47
Last Modified: 17 Jun 2019 03:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2837

Actions (login required)

View Item View Item