Pengembangan Modul Pembelajaran IPA (Fisika) dengan Tampilan Ensiklopedia Berintegrasi Ayat Al-Qur'an pada Materi Fisika Kelas VII Madrasah Tsanawiyah

RESTI NOVITA SARI, - (2018) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA (Fisika) dengan Tampilan Ensiklopedia Berintegrasi Ayat Al-Qur'an pada Materi Fisika Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Cover dkk.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (359kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang tidak bisa belajar apabila tidak didampingi oleh pendidik. Buku pelajaran yang monoton dengan kalimat paragraf panjang dan tak ada gambar yang mendukung serta LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) hanya berwarna hitam putih mengakibatkan peserta didik tidak tertarik untuk membaca. Buku yang digunakan selama ini masih buku biasa yang hanya menjelaskan materi fisika saja, belum dikaitkan dengan ayatayat Alqur’an, sehingga membuat peserta didik hanya mengetahui materi fisika saja tanpa mengetahui makna fisika bagi kehidupan. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu mengembangkan modul pembelajaran IPA (Fisika) dengan tampilan ensiklopedia berintegrasi ayat AlQur’an. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran IPA (Fisika) dengan tampilan ensiklopedia berintegrasi ayat Al-Qur’an pada materi fisika kelas VII Madrasah Tsanawiyah yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D), dengan model pengembangan Borg and Gall. Model pengembangan ini terdiri dari 7 tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk (uji praktikalitas), uji coba pemakaian (uji efektifitas). Instrumen yang digunakan dalam uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas menggunakan angket dengan skala Likert dan dianalisis dengan teknik persentase. Berdasarkan analisis data didapatkan modul pembelajaran IPA (Fisika) dengan tampilan ensiklopedia berintegrasi ayat Alqur’an dengan kualitas produk valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi modul IPA (Fisika) dengan tampilan ensiklopedia berintegrasi ayat Alqur’an dalam aspek materi oleh 2 orang validator diperoleh rata-rata 86,7 dengan kategori sangat valid, hasil validasi penyajian oleh 2 orang validator rata-rata 87,5 dengan kategori sangat valid, hasil validasi bahasa oleh 1 orang validator adalah 91,6 dengan kriteria sangat valid, dan hasil validasi tafsir oleh 1 orang validator adalah 90 dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan keempat aspek validitas diperoleh hasil rata-rata validitas produk yaitu 88,6 dengan kriteria sangat valid. Hasil rata-rata praktikalitas produk oleh 2 orang pendidik adalah 87,5 dengan kriteria sangat praktis. Hasil rata-rata praktikalitas oleh 15 orang peserta didik kelas VII adalah 84,4 dengan kriteria sangat praktis. Hasil rata-rata uji efektifitas dengan melihat minat baca peserta didik menggunakan lembar angket efektifitas oleh 30 orang peserta didik kelas VII adalah 85,5 dengan kriteria sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa modul IPA (Fisika) dengan tampilan ensiklopedia berintegrasi ayat Alqur’an pada materi fisika untuk peserta didik kelas VII memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2019 03:46
Last Modified: 17 Jun 2019 03:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2836

Actions (login required)

View Item View Item