PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PhET PADA PEMBELAJARAN FISIKA MODEL INKUIRI TERBIMBING DI KELAS XI MAN 2 PADANG

Nurlela, - (2018) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PhET PADA PEMBELAJARAN FISIKA MODEL INKUIRI TERBIMBING DI KELAS XI MAN 2 PADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
COVER, PENGESAHAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (71kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh materi yang dipratikumkan di MAN 2 Padang hanya yang bersifat abstrak, sedangkan materi yang bersifat konsep tidak ada dilakukan pratikum karena membutuhkan waktu yang banyak, sementara labor dipakai untuk ruang belajar. Masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan PhET yang digunakan untuk membantu menyempurnakan pembelajaran fisika di MAN 2 Padang. Langkahlangkah kerja pratikum dengan PhET akan dijelaskan dalam LKPD. Penyajian LKPD dapat dikembangkan dengan berbagai macam inovasi yaitu memadukan LKPD dengan PhET (Physics Educational Technology), mamadukan LKPD dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan menyajikan langkah-langkah kerja dengan menggunakan simulasi PhET. Dengan simulasi PhET siswa dapat melakukan pratikum tanpa menggunakan alat-alat laboratorium serta menghemat waktu dalam pratikum. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) mengembangkan LKPD Berbasis PhET Pada Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing dan 2)menghasilkan LKPD Berbasis PhET Pada Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan ini adalah model Trianto yang terdiri dari 4 tahap, yaitu mulai dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, angket praktikalitas, dan angket efektifitas. Uji validitas LKPD diberikan kepada 5 orang validator ahli dinilai dari aspek materi/isi, media/kontruksi, dan bahasa. Uji praktikalitas LKPD diberikan kepada 2 orang pendidik fisika dan 17 orang peserta didik kelas XI MIA 1 MAN 2 Padang dinilai dari aspek kemudahan dalam proses penggunaan. Uji efektifitas diberikan kepada 36 orang peserta didik kelas XI MIA 4 dinilai dari aspek minat belajar peserta didik. Hasil penelitian pengembangan ini adalah 1)Telah dihasilkan LKPD Berbasis PhET Pada Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing dan 2)dihasilkan LKPD Berbasis PhET Pada Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing yang valid dengan nilai 93,99% kategori sangat valid, praktis dengan nilai 90,24% kategori sangat praktis, dan efektif dengan nilai 79,62% kategori sangat efektif. Kata Kunci : LKPD, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, PhET (Physics Educational Technology).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2019 06:50
Last Modified: 16 Jun 2019 06:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2832

Actions (login required)

View Item View Item