Penerapan Model Trait Treatment Interaction menggunakan Media Lecture Maker pada Hasil Belajar IPA Fisika Peserta Didik Kelas VII di MTsN 6 Padang

INTANZIAH RAHMADAN, - (2018) Penerapan Model Trait Treatment Interaction menggunakan Media Lecture Maker pada Hasil Belajar IPA Fisika Peserta Didik Kelas VII di MTsN 6 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Cover Persetujuan Pembimbing, Abstrak.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (166kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Intanziah Rahmadani, NIM 1414080008, Penerapan Model Trait Treatment Interaction menggunakan Media Lecture Maker pada Hasil Belajar IPA-Fisika Peserta Didik kelas VII di MTsN 6 Padang, Skripsi: Jurusan Tadris IPA Fisika Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2018, 93 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang diberikan pendidik dalam pembelajaran IPA Fisika belum bervariasi. Pendidik juga memberikan perlakuan yang sama pada semua peserta didik dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA-Fisika. Pendidik tidak terlihat memberikan perlakuan yang lebih pada peserta didik yang belum mengerti materi yang sedang diajarkan peserta didik memiliki kemampuan penyerapan materi yang berbedabeda. Pendidik belum menggunakan media berbasis teknologi sehingga membuat peserta didik pasif dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar IPA Fisika yang diperoleh peserta didik juga berbeda-beda. Hal ini berdampak kepada rendahnya hasil belajar IPA Fisika peserta didik kelas VII di MTsN 6 Padang. Perlu diterapkan suatu model yang dapat meningkatkan hasil belajar yaitu model pembelajaran Trait Treatment Interaction(TTI) menggunakan Media Lecture Maker. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment, dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTsN 6 Padang Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari lima kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah cluster random sampling. Di peroleh kelas VII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar menggunakan tes essai. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 88,4dan kelas kontrol 77,4. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji-t karena data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang homogen. Analisis data tes hasil belajar, thitung>ttabel = 4,21>1,67. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung>ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan yang didapatkan bahwa penerapan model trait treatment interaction menggunakan media lecture maker pada hasil belajar IPA-Fisika lebih baik dari model pembelajaran konvensional di kelas VII MTsN 6 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2019 06:48
Last Modified: 16 Jun 2019 06:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2827

Actions (login required)

View Item View Item