Pengaruh Modeling The Way Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik pada Kelas V SDN 02 Paninggahan Kabupaten Solok

ZULIYANTI, - (2018) Pengaruh Modeling The Way Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik pada Kelas V SDN 02 Paninggahan Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
COVER PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (619kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN 02 Paninggahan Kabupaten Solok, masih banyak yang belum mencapai KKM. Berdasarkan hasil Ujian Semester Satu diperoleh bahwa dari 25 peserta didik, 11 peserta didik atau 44% mencapai batas ketuntasan yaitu memperoleh nilai di atas 75, dan sebanyak 14 peserta didik atau 56% masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penyebabnya adalah peserta didik menganggap IPA pelajaran yang sifatnya hafalan dan membosankan. Pembelajaran cenderung berpusat pada pendidik, selain itu pendidik kurang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran IPA. Salah satu cara yang tepat untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan menerapkan model Modeling The Way. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA menggunakan Modeling The Way di kelas V SDN 02 Paninggahan Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperiment. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah One Group Pretest – Posttest Desain, yaitu eksperimen yang dilakukan terhadap satu kelompok saja, tanpa kelompok pembanding. Populasi pada penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 02 Paninggahan Kabupaten Solok yang terdaftar pada tahun ajaran 2017-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes objektif sebanyak 20 soal. Teknik pengolahan data hasil belajar IPA yaitu dengan menghitung treatment dengan uji-t. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata skor tes hasil belajar sebelum perlakuan (pretest) adalah 71,2 dan rata-rata skor tes hasil belajar setelah perlakuan (Posttest) adalah 77. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dan diperoleh t hitung = 2.538 dan t tabel = 2,06, sehingga disimpulkan t hitung > t tabel (2.538 > 2,06). Berarti perubahan hasil belajar peserta didik antara pretest dan posttest sangat signifikan. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA menggunakan Modeling The Way di kelas V SDN 02 Paninggahan Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 27 May 2019 03:56
Last Modified: 27 May 2019 03:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2807

Actions (login required)

View Item View Item