penanaman sikap kewarganegaraan melalui pembelajaran PKn pada peserta didik kelas III di MIN 6 Pesisir Selatan

RISA BELLAWATI, - (2018) penanaman sikap kewarganegaraan melalui pembelajaran PKn pada peserta didik kelas III di MIN 6 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
cover, persetujuan, pengesahan orisinil abstrak daftar isi.pdf - Published Version

Download (361kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK1.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text
gabungan.pdf - Published Version

Download (631kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh Sikap peserta didik yang belum menunjukkan sikap Kewarganegaraan yang baik dan masih jauh dari yang diharapkan walaupun telah mempelajari dan ditanamkan oleh pendidik pada setiap kesempatan. Berdasarkan hal itu mata pelajaran PKn memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk sikap kewarganegaraan karena tujuan pembelajaran PKn itu adalah menanamkan sikap kewarganegaraan atau menjadikan warga negara yang baik yakni memiliki pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap, serta tindakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penanaman Sikap Kewarganegaraan melalui Pembelajaran PKn pada Peserta Didik Kelas III di MIN 6 Pesisir Selatan? Adapun tujuan penilitian ini adalah untuk menjelaskan penanaman sikap kejujuran, percaya diri dan tanggung jawab melalui pembelajaran PKn pada peserta didik kelas III di MIN 6 Pesisir Selatan. Tujuan penelitian umum pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penanaman sikap kewarganegaraan melalui pembelaran PKn pada peserta didik MIN 6 Pesisir Selatan, tujuan khusus adalah untuk menggambarkan bagaimana penanaman sikap jujur, percaya diri dan tanggung jawab melalui pembelajaran PKn. Jenis penelitianya itu penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer yaitu pendidik kelas III, sumber data sekunder yaitu kepala sekolah MIN 6 Pesisir Selatan. Untuk mendapatkan data penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian di olah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pertama, dalam penanaman sikap jujur pendidik memberikan contoh bersikap jujur kepada peserta didik, memperhatikan sikap jujur peserta didik dan menberikan nasehat kepada peserta didik dalam bersikap jujur. Kedua, dalam penanaman sikap percaya diri pendidik memperhatikan peserta didik, memberikan kesempatan untuk melakukan aktivitas kepada peserta didik dan memberikan motivasi kepada peserta didik. Ketiga dalam penanaman sikap tanggung jawab pendidik memberikan contoh bersikap tanggung, memperhatikan sikap tanggung jawab peserta didik dan menasehati peserta didik dalam beraktivitas / melakukan kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:19
Last Modified: 12 Sep 2019 07:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2801

Actions (login required)

View Item View Item