Penerapan Model Take and Give dalam Pembelajaran IPA pada Kelas V SDN 14 Gunung Sarik Kota Padang

RAHMI SUHARNI, - (2018) Penerapan Model Take and Give dalam Pembelajaran IPA pada Kelas V SDN 14 Gunung Sarik Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
COVER pakai w revisi 3.pdf - Published Version

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (770kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text
skripsi full rahmi suharni.pdf - Published Version

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik Kelas V SDN 14 Gunung Sarik Kota Padang yang tidak mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah sebesar 78. Hal ini disebabkan karena pendidik belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sehingga peserta didik cenderung pasif hanya menerima apa yang disampaikan pendidik. Kurangnya partisipasi dan kerjasama antara peserta didik dalam mendiskusikan materi pembelajaran yang diberikan pendidik, terlihat dari beberapa peserta didik yang memiliki kemampuan belajar yang baik, tidak ingin membantu temannya yang memiliki kemampuan belajar yang kurang baik. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mendapatkan aktivitas dan hasil belajar yang lebih baik yaitu dengan menggunakan model take and give. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA yang belajar dengan model pembelajaran take and give dan yang mengikuti pembelajaran secara konvensional pada peserta didik kelas V SDN 14 Gunung Sarik Kota Padang dan mengetahui hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA yang belajar dengan model pembelajaran take and give dengan yang mengikuti pembelajaran secara konvensional pada peserta didik kelas V SDN 14 Gunung Sarik Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “One Group Pretest Postest Design”. Populasi dalam penelitian ini semua peserta didik kelas V SDN 14 Gunung Sarik Kota Padang. Pemilihan sampel dengan total sampling yaitu pengambilan sampel ini dilakukan dengan mengambil seluruh peserta didik kelas V SDN 14 Gunung Sarik Kota Padang yang berjumlah 36 orang. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini berbentuk lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan uji-t, karena data berdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik sebelum diterapkan model take and give diperoleh 49,06%, sedangkan setelah diterapkan model take and give diperoleh 54,53%. Hasil penelitian, diperoleh tes awal (Pretest) dengan rata-rata 71. Tes akhir (Posttest) nilai rata-rata peserta didik adalah 82. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Diperoleh t hitung = 3.94 dan ttabel = 2.03, karena thitung > ttabel (3.94 > 2.03) dengan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:17
Last Modified: 12 Sep 2019 07:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2798

Actions (login required)

View Item View Item