Penggunaan Media Interaktif Animasi dalam Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas 1b MIN 03 Solok Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok

Rafina, - (2018) Penggunaan Media Interaktif Animasi dalam Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas 1b MIN 03 Solok Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
KOVER PERSETUJUAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (356kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA INA.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text
FULL.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran tematik yang masih dilakukan terpisah oleh pendidik,pendidik lebih banyak memberi daripada memfasilitasi dan peserta didik lebih banyak diam dan mendengarkan. Selain itu, pendidik belum memanfaatkan media pembelajaran dan belum menggunakan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan di dalam proses pembelajaran, pendidik hanya mengajar dengan buku pegangan saja sehingga membuat aktivitas belajar peserta didik rendah dan peserta didik tidak bersemangat serta tidak termotivasi untuk belajar. Penelitian ini dibatasi pada aktivitas belajar peserta didik setelah menggunakan media interaktif animasi dengan menggunakan media interkatif animasi pada tema 8 subtema 2 pembelajaran 1-4 semester dua pada pembelajaran tematik terpadu peserta didik kelas IB MIN 03 Solok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas Ib pada pembelajaran tematik dengan menggunakan media interaktif animasi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi empat tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.. Dari hasil penelitian telah diperoleh aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I pertemuan pertama aktivitas belajar peserta didik memiliki persentase 68,7% dengan kategori cukup kemudian meningkat pada pertemuan kedua dengan persentase 73,3% dengan kategori cukup. Dengan aktivitas belajar yang demikian, maka hasil belajar peserta didik pada siklus I juga rendah, yaitu dari 20 orang peserta didik hanya 3 orang yang tuntas dan 17 yang lain mendapat nilai di bawah KKM dengan ratarata kelas 65,5. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama aktivitas belajar peserta didik memiliki persentase 78,3% dengan kategori baik dan meningkat pada pertemuan kedua dengan persentase 82,9% dengan kategori baik. Dengan meningkatnya aktivitas belajar peserta didik pada siklus II maka hasil belajar peserta didik pun meningkat dengan rata-rata kelas 80% yaitu 16 orang peserta didik yang tuntas dan hanya 4 orang peserta didik yang tidak tuntas. Dengan demikian, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media interaktif animasi pada pembelajaran tematik kelas I tema 8 Peristiwa Alam Subtema 2 dapat meningkatkan aktivitas serta hasil belajar peserta didik Kelas Ib MIN 03 Solok Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:14
Last Modified: 12 Sep 2019 07:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2792

Actions (login required)

View Item View Item