Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Problem Baset Learning Pada Peserta Didik Kelas IV MIN 3 Padang Pariaman

Suci Ramadhani, - (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Problem Baset Learning Pada Peserta Didik Kelas IV MIN 3 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
COVER. PENGESAHAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (447kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (427kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV di MIN 3 Padang Pariaman. Hasil belajar IPS yang diperoleh sebagian besar peserta didik kelas IV MIN Padang Pariaman belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yakni nilai 75. Sesuai dengan data awal yang didapat dari pendidik kelas IV dari 17 orang peserta didik hanya 5 orang yang mendapat nilai di atas KKM (tuntas). Hal ini disebabkan karena pendidik cenderung menggunakan metode ceramah dimana pembelajaran lebih terpusat pada pendidik, dan perhatian peserta didik kepada pendidik dalam menerangkan pelajaran cenderung kurang maksimal, sehingga hal tersebut berdampak kepada rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV MIN 3 Padang Pariaman. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan model Problem Based Learning. Karena dengan menggunakan model Problem Based Learning ini dapat menumbuhkan keterampilan yang tinggi dan menjadikan peserta didik mandiri.Pembelajaran lebih menarik karena pembelajaran tidak hanya terpusat kepada pendidik. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan meliputi empat tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Intrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV MIN 3 Padang Pariaman. Dari hasil penelitian siklus I dan siklus II, aktivitas peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu: siklus I pertemuan 1 dan 2 yang memperhatikan penjelasan pendidik 70,6% (baik), bekerjasama dengan anggota kelompok 64,6% (cukup), mengemukakan pendapat 52,9% (kurang), mengerjakan LKPD 73,5% (baik), dan mengikuti pelajaran dengan baik 64,7% (cukup), sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang memperhatikan penjelasan pendidik 82,3% (sangat baik), bekerjasama dengan anggota kelompok 73,5% (baik), mengemukakan pendapat 70,5% (baik), mengerjakan LKPD 88,2% (sangat baik), dan mengikuti pelajaran dengan baik adalah 76,4% (baik). Sedangkan hasil belajar peserta didik yaitu pada siklus I dari 17 orang peserta didik 9 orang atau 52,9% yang dinyatakan tuntas dan 8 orang atau 47% dinyatakan tidak tuntas dengan nilai rata-rata peserta didik 69,05. Sedangkan hasil tes siklus II mengalami peningkatan dari 17 orang peserta didik, 14 orang peserta didik atau 82,3% yang dinyatakan tuntas dan 3 orang peserta didik atau 17,6% dinyatakan tidak tuntas dengan nilai rata-rata kelas peserta didik 75, sehingga terlihat peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 29,4%. Dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV di Min 3 Padang Pariaman. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:11
Last Modified: 12 Sep 2019 07:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2788

Actions (login required)

View Item View Item