Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Media Gambar Seri pada Peserta Didik Kelas III MIN 3 Padang Pariaman

WELTI DESI PUTRI, - (2018) Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Media Gambar Seri pada Peserta Didik Kelas III MIN 3 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (353kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text
FUUL FILE.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara peserta didik kelas III MIN 3 Padang Pariaman, dalam proses berbicara banyak kesulitan yang ditemukan oleh peneliti diantaranya; peserta didik belum terampil berbicara (kurang lancar. Merasa malu, dan takut). Isi pembicaraan tidak sesuai dengan materi, dan penggunaan lafal serta intonasi yang tidak tepat dalam berbicara, ternyata kemampuan berbicara yang selama ini dilakukan oleh pendidik hanya sebatas bertanya jawab dengan peserta didik dan meminta beberapa orang peserta didik untuk berbicara di depan kelas. Akibatnya,tidak semua peserta didik berani untuk berbicara di depan kelas. Berdasarkan latar belakang masalah penelitian di atas maka penelitian ini dibatasi pada: (1) Peningkatan kemampuan menyusun urutan gambar yang benar melalui media gambar seri dalam keterampilan berbicara peserta didik kelas III MIN 3 Padang Pariaman, (2) Peningkatan kemampuan menceritakan melalui media gambar seri dengan bahasa sendiri berserta lafal dan intonasi yang tepat dalam keterampilan berbicara peserta didik kelas III MIN 3 Padang Pariaman, (3) Peningkatan kemampuan menuliskan cerita berdasarkan gambar dengan bahasa sendiri melalui media gambar seri dalam keterampilan berbicara peserta didik kelas III MIN 3 Padang Pariaman. Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah di atas maka tujuan penelitian ini;(1) Pendeskripsikan kemampuan menyusun urutan gambar yang benar melalui media gambar seri dalam berbicara peserta didik di kelas III MIN 3 Padang Pariaman, (2) Pendeskripsikan kemampuan menceritakan dengan bahasa sendiri melalui media gambar seri dalam berbicara peserta didik di kelas III MIN 3 Kecamatan Enam Lingkung Padang Pariaman, (3) Pendeskripsikan kemampuan menuliskan cerita berdasarkan gambar dengan bahasa sendiri melalui media gambar seri dalam berbicara peserta didik di kelas III MIN 3 Kecamatan Enam Lingkung Padang Pariaman. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) ysng dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 18 orang peserta didik yang terdiri dari 7 laki-laki dan 11 perempuan di kelas III MIN 3 Padang Pariaman. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan hasil pembelajaran yang dinilai ada dua yaitu perolehan proses dan perolehan hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri pada keterampilan berbicara terdapat peningkatan keterampilan berbicara dari setiap siklus. Nilai pada siklus I: rekapitulasi hasil penelitian rata-rata 72 ketuntasan 12 dari 18 peserta didik. Hasil yang dicapai pada siklus II: rekapitulasi hasil penelitian rata-rata 89 ketuntasan 16 dari 18 peserta didik. Dari hasil yang didapat pada siklus I dengan siklus II terjadi peningkatan nilai yang diperoleh oleh peserta didik dapat dilihat dari rekapitulasi nilai peserta didik siklus I rata-rata 72 dan siklus II rata-rata 89. Maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini adalah dengan peningkatan keterampilan berbicara melalui media gambar seri dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:08
Last Modified: 12 Sep 2019 07:08
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2783

Actions (login required)

View Item View Item