Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Volume Bangun Ruang pada Peserta Didik Kelas V MIN 5 Pesisir Selatan

Darsis Maiti, - (2018) Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Volume Bangun Ruang pada Peserta Didik Kelas V MIN 5 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
cover, perstjuan pemb, abstrak.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (275kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB)
[img] Text
Full Skripsi Darsis Maiti.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar nilai matematika peserta didik di MIN 5 Pesisir Selatan yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yakni nilai 75, dampak dari rendah nilai tersebut terkait rendahnya pemahaman konsep matematikanya. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran matematika tidak adanya penggunaan model pembelajaran yang tepat, sehingga peserta didik beranggapan bahwa pembelajaran matematika itu adalah pelajaran yang membosankan dan sulit untuk dipahami. Alternatif solusinya adalah penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning(ctl). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep volume bangun ruang dengan model contextual teaching and learning(ctl) pada peserta didik kelas V MIN 5 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan bulan April-Mei 2018 berkolaborasi dengan wali kelas V. Pelaksanaan penelitian terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian melalui empat tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 22 orang. Penelitian diperoleh data bahwa pemahaman konsep belajar matematika peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II, dalam hal peserta didik indikator pemahaman konsep peserta didik menyatakan ulang sebuah konsep meningkat dari 49,43% menjadi 79,54%, yang dapat mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya meningkat dari 38,06% menjadi 83,52%, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, meningkat dari 43,18% menjadi 74,99%, yang mengaplikasikan konsep kepemecahan masalah meningkat dari 51,7% menjadi 69,31%. Hal ini bisa dilihat dari nilai rata-rata indikator pemahaman konsep peserta didik dari siklus I ke siklus II adalah 45,59% menjadi 76,84% dan sudah termasuk kategori baik. Nilai rata-rata hasil belajar siklus I adalah 54,5% sedangkan pada siklus II nilai ratarata meningkat menjadi 77%. Berdasarkan data dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas V pada materi volume bangun ruang dengan model pembelajaran contextual teaching and learning di MIN 5 Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 15:31
Last Modified: 23 May 2019 15:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2781

Actions (login required)

View Item View Item